Print this page

Tim Kemenkes Pastikan Kesiapan Penanganan Covid-19

Kunjungan Tim Kemenkes di Selayar Kunjungan Tim Kemenkes di Selayar

 

Penulis : Fred Kuen

Editor : Mitha K

Selayar, Sulsel (Phinisinews.com) - Tim Taskforce Kementerian Kesehatan RI melakukan kunjungan ke sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan,  untuk mengetahui secara langsung kesiapan Penanganan Covid-19 di Puskesmas.

Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr Pattiselanno Robert Johan, MARS di Selayar, Kamis, mengatakan, kunjungan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa semua petugas kesehatan yang bertugas dalam melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) sudah sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 Revisi Ke-5.

“Pertama, kita tentu memastikan bahwa semua petugas yang bertugas di dalam melakukan penulusuran kontak atau penyelidikan epidemologi sudah memahami protokol atau Pendoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Revisi ke-5,” ujarnya..

Sebab,  Puskesmas memiliki peran dalam meningkatkan komunikasi dan edukasi kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan (menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun). Khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Sebentar lagi akan ada Pilkada di Kabupaten Selayar ini, tentu peran Puskesmas di dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat sangat penting. Puskesmas akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang 4M, yaitu tentu bagaimana masyarakat diminta untuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan juga menghindari kerumunan,” tambahnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan, untuk penurunan angka positive rate, Puskesmas tidak perlu melakukan screening massal yang tidak tepat sasaran. Namun, melakukan screening terhadap orang-orang yang memiliki gejala sehingga tepat sasaran, seperti pasien yang menderita ISPA yang banyak ditemukan di Puskesmas dan berpotensi terhadap Covid-19.

Puskesmas yang dikunjungi yaitu Puskesmas Bontomatene, Puskesmas Barugaya dan Puskesmas Benteng.

dr. Pattiselanno menilai, ketiga Puskesmas yang telah dikunjunginya secara langsung sudah melakukan penanganan Covid-19 dengan baik. Dia berharap hal ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan kembali, sampai pandemi ini pun berlalu, khususnya saat menghadapi Pilkada Serentak 2020, pada 9 Desember nanti.

Untuk seterusnya, kita berharap teman-teman di Puskesmas tetap melakukan edukasi kepada masyarakat agar memperhatikan 4M. Juga melakukan tracing, testing dan treatment itu betul-betul tepat sasaran, ujarnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, dr H. Husaini M.Kes mengatakan, kunjungan ini dapat memberikan masukan dan arahan secara langsung untuk Puskesmas yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan, baik dari segi pelayanan hingga kesiapan sarana dan prasarana dalam penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah pada hari ini kita kedatangan tamu dari Tim Taskforce Kementerian Kesehatan. Kami sangat bersyukur karena bisa bertatap muka langsung dengan tim, sekaligus monitoring dan evaluasi dari Kementerian Kesehatan secara langsung mengenai program-program yang terkait dengan Covid-19,” katanya.

Kepala Puskesmas Benteng, dr Frenky Wijaya mengatakan, kunjungan Kementerian Kesehatan ini memberikan motivasi kepada para tenaga kesehatan di Puskesmas yang merupakan motor penggerak penanganan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Ini sangat memberikan energi yang positif, karena mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Kementerian Kesehatan untuk kami dapat terus berjuang dalam proses pemutusan mata rantai penularan Covid-19,” ucapnya. (FK/R-HMS/MK).

Read 2317 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Phinisi News

Latest from Phinisi News

Login to post comments