Print this page

P2MTC Gelar Bimtek Untuk Wartawan Utama

P2MTC menggelar Bimtek bagi Wartawan Utama yang akan mengikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Kompetensi Wartawan di Makasar. (Foto : Dok P2MTC). P2MTC menggelar Bimtek bagi Wartawan Utama yang akan mengikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Kompetensi Wartawan di Makasar. (Foto : Dok P2MTC).
 

Penulis : Ahmad Imron  /  Editor :  Mitha MK

Makassar (Phinisinewscom) – Lembaga Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan, Phinisi Pers Multimedia Training Center (P2MTC) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi calon wartawan utama di Makassar, Sulawesi Selatan.

Bimtek  dilaksanakan di Kampus P2MTC, di Jalan Metro Tanjung Bunga, Ruko Mall GTC Blok GA.9 No.7 Makassar diikuti para Pimpinan Redaksi media mainstream (arus utama) dan online, di Makassar, Senin, menyikapi rencana Yayasan Pers Multimedia Phinisi Kuensyam (YPMPK) yang akan menggelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan pekan ini di Makassar.

Direktur Eksekutif P2MTC, Fredrich Kuen, M.Si mengatakan, penting Bimtek bagi calon peserta Uji Kompetensi (Ukom), karena tujuan Bimtek itu sendiri untuk menyegarkan kembali ingatan calon terhadap semua segmen yang selama ini dikerjakan. Artinya bila selama ini merasa diri kompeten sebagai wartawan senior, maka saatnya mensertifikatkan kompetensi tersebut.

Materi Bimtek selama enam jam terdiri dari mengurai kerja cerdas(control sosial, control media, agenda setting, framing dan pembentukan opini), lalu mengurai tulisan tajam (indepht report, investigasi report, feature, tajuk dan opini).

Materi lain yakni sikap dan profesionalitas, mengurai fire wall (tembok api Redaksi dan bisnis media), mengurai jobs description Pimpinan Redaksi serta mekanisme penyelesaian delik pers serta pembinaan internal.

Modul Bimtek tersebut, lanjutnya, adalah pekerjaan sehari hari Pimred, Wakil Pimpinan Redaksi atau Redaktur senior saat memimpin rapat redaksi secara off line maupun online.

Menurut Fredrich, P2MTC selalu siap untuk melakukan Bimtek dan Pelatihan jurnalistik serta kehumasan untuk pihak manapun dan untuk level apapun, dimanapun itu berada, baik bagi calon wartawan, Wartawan Muda, Redaktur, Pimred dan teman teman Humas atau calon humas.

Selain pelatihan dan Bimtek di Kampus P2MTC, pihaknya, lanjutnya, juga melayani permintaan pelatihan dan Bimtek di provinsi dan kabupaten lain di luar Sulsel. Jadi P2MTC bersifat mobile untuk mensupport (mendukung) transfer knowledge ketrampilan jurnalistik dan kehumasan, ujarnya. (AI/MMK).

Read 667 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Phinisi News

Latest from Phinisi News

Login to post comments