Print this page

100 Ton Beras Untuk Warga Terdampak Covid-19

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melepas 100 ton bantuan beras untuk warga terdampak covid-19 di Sulsel. (Foto Humas Pemprov Sulsel). Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melepas 100 ton bantuan beras untuk warga terdampak covid-19 di Sulsel. (Foto Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha MK

Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyalurkan 100 ton beras untuk warga terdampak Pandemi Covid-19 di 24 kota/kabupaten di Sulsel.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melepas secara simbolis penyaluran bantuan cadangan beras Pemprov Sulsel kepada masyarakat terdampak Covid-19, di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, seperti release yang diterima dari Humas Pemprov Sulsel, Jumat.

Sebanyak 100 ton beras disalurkan sebagai bantuan awal. Bantuan ini diberikan kepada 24 kabupaten/kota, terutama bagi daerah yang memiliki kasus positif covid-19 yang tinggi, atau yang diterapkan wilayah PPKM Level 4 dan 3. Bantuan selanjutnya akan disalurkan pekan depan.

“Bantuan sebanyak 100 ton, untuk 24 kabupaten/kota. Tapi kita pilih yang positifnya tinggi, levelnya juga lebih tinggi 4, kemudian nanti kita pilih yang 3,” sebutnya.

Menurut dia, bantuan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah dan memberi semangat kepada warga terdampak di tengah pembatasan dan pengetatan yang dilakukan di masa pandemi.

“Kita tahu kemarin ada sedikit pengetatan wilayah di perbatasan-perbatasan dan beberapa titik. Tentu kita juga harus mendukung dari segi bantuan-bantuan logistik. Dan bantuan ini adalah dari provinsi bersama Bulog, tidak lain untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Dalam hal bantuan cadangan beras ini, pemerintah provinsi akan melakukan pengiriman langsung ke kabupaten/kota. Selanjutnya, kabupaten/kota menjadi ujung tombak penyaluran, termasuk data penerima diberikan kepada provinsi.

“Kepada 24 kabupaten/kota untuk membantu kami dalam pendataan dan kami akan membantu dari segi logistik sebagaimana permintaan kabupaten/kota,” ucapnya.

Ia juga mengajak partisipasi masyarakat dalam penanganan covid-19 yang memiliki kemampuan secara materil untuk ikut membantu.

“Dengan hadirnya semua, instansi vertikal mulai dari Bulog sampai kementerian-kementerian, kemudian pengusaha swasta dan sebagainya, kabupaten-kota, alhamdulillah kita inshaallah akan dengan mudah dan bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak,”ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga terus diingatkan untuk tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat, memakai masker di semua aktivitas, menjaga jarak serta menghindari kerumuman di manapun itu dan terus mencuci tangan dengan sabun di air mengalir untuk setiap memulai dan mengakhiri kegiatan atau kunjungan di semua tempat.

Plt Kepala Dinas Sosial Sulsel, Hasan Basri Ambarala menyebutkan, tujuannya penyaluran bantuan ini untuk membantu masyarakat yang terdampak covid-19 dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Juga sebagai jaring pengaman sosial dengan diberlakukannya PPKM level 4 dan 3 pada semua daerah kabupaten.

Sasaran bantuan yakni warga masyarakat yang terdampak covid-19, diperuntukan juga bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah. (FK/PR/MMK).

Read 994 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Phinisi News

Latest from Phinisi News

Login to post comments