Kegiatan Ramadhan Melibatkan Remaja Masjid dan Remaja Desa

Berbagai kegiatan Ramadhan yang dilaksanakan kolaborasi Remaja Masjid dan Remaja Desa, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (Foto : Muh Ali). Berbagai kegiatan Ramadhan yang dilaksanakan kolaborasi Remaja Masjid dan Remaja Desa, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (Foto : Muh Ali).
 

Penulis : Muh Ali   /   Editor : Ahmad Imron 

Maros, Sulsel (Phinisinews.com) – Suasana Ramadhan tahun 1445 H, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena berbagai kegiatan keagamaan melibatkan remaja masjid dan remaja desa. 

Hal itu terlihat pada Remaja Masjid Mangallekana berkolaborasi dengan Remaja Desa Moncongloe, melaksanakan berbagai kegiatan, kata Pengurus Masjid Mangallekana, Dr Muhammad Ali, M.Pd, di Maros, Sulsel, sekitar 48 kilometer dari Makassar, Kamis malam. 

Koordinator kegiatan, Sakwan Awaluddin, Ketua Umum HIPMI Kecamatan Moncongloe Maros, Muh. Syahir Syam, dan Ketua Umum Karang Taruna Kecamatan Moncongloe, Muhammad Risaldy Irwan, secara Bersama mengatakan bahwa kami anak-anak Desa Moncongloe, merasa terpanggil ingin kembali ke desa membangun desa kami sendiri yang kami sangat cintai. 

“Saya menilai ini suatu hal yang luar bisa,” ucap Pengurus Masjid Mangallekana menambahkan. 

Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Desa Moncongloe, Ismail SM, menanggapi positif ide-ide kreatif remaja Desa Moncongloe, dan langsung menfasilitasinya. 

Kegiatan itu antara lain, peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama yang digelar Pengurus Masjid Mangallekana bekerjasa sama dengan Ikatan Remaja

Masjid Mangallekana (Irmama) berlangsung hikmat. 

Nuzul Quran dan buka pusa bersama ini dihadiri oleh beberapa pejabat antara lain,  Camat yang diwakili oleh Pejabat Pelaksana tugas Kepala Desa Moncongloe, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Moncongloe, Kapolsek, Babinsa, Ketua Pemangku Adat Gallarrang Moncongloe, Imam Desa Moncongloe dan masyarakat. 

Kegiatan Nuzul Quran ini bertema  “Nuzul Quran momentum memelihara kerukunan ummat dan mempererat silaturrahmi”, dengan pembawa hikmah, Ustadz Dr Syamsir, S.Ag, MA. 

Dalam Kegiatan Nuzul Quran ini, Irmama dominan perannya. Mulai dari persiapan sampai terlaksananya acara Nuzul Quran. Pembawa acara, Andi Ardila Ghivari, Pembacaan ayat Suci Alquran, Muhammad Argantayudha, mereka semua anggota Irmama dan dilanjutkan Shalat Tarwih, lalu Pembukaan Bazar dan Pestival Anak Shaleh yang dilaksanakan oleh Remaja Desa Moncongloe, antara lain HIPMI Maros Komisariat Kecamatan Moncongloe bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Moncongloe.

Bazar ini berlangsung selama tiga hari, 27-29 Maret 2024 yang dikemas apik dengan berbagai kegiatan lomba, seperti tadarus, menghapal surah-surah pendek, tilawah dan lain-lain. 

Kegiatan Bazar dan Festival Anak Shaleh dibuka oleh Pelaksana Tugas Kepala Desa Moncongloe dan berharap semoga kegiatan ini rutin tiap tahun dilaksanakan. (MA/AI).

Read 334 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Mitha MK / Editor : Fyan AK     Pulau Kodingareng, Makassar (Phinisinews.com) - Rektor Universitas...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Sebanyak 120 kantong darah...
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...

Get connected with Us