Print this page

Prokes Tetap Berlaku Untuk Penanganan Bencana

Banjir melanda empat Dusun di Luwu Utara Sulsel akibat Sungai Rongkong meluap dengan ketingian air 40-100 centimetar menggenangi 322 rumah dan lainnya. (Foto : Dok Humas setempat). Banjir melanda empat Dusun di Luwu Utara Sulsel akibat Sungai Rongkong meluap dengan ketingian air 40-100 centimetar menggenangi 322 rumah dan lainnya. (Foto : Dok Humas setempat).
 

Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad Imron

Luwu Utara, Sulsel (Phinisinews.com) – Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan terus mengingatkan agar Protokol Kesehatan (Prokes) selama Pandemi Covid-19 terus dilaksanakan dengan ketat, sekalipun saat penanganan bencana alam dan penyaluran bantuan.

Semua petugas penanganan bencana diharapkan terus gunakan masker, atur sedemikian rupa agar jarak tetap renggang, hindari kerumunan dan terus cuci tangan dengan sabun setelah terjadi sentuhan pertolongan maupun sentuhan penyaluran bantuan.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kembali  mengerahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel untuk menyalurkan bantuan ke Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yang sejak 16 Mei 2021 dilanda bencana banjir di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, demikian release Humas dari Kabupaten Luwu Utara yang diterima di Makassar, Jumat.

Ada empat dusun yang terdampak, yakni Kaluku Bulawan, Dadeko, Bala Kajang, dan Suka Makmur. Data dari BPBD Lutra, banjir tersebut menggenangi 322 rumah warga atau 322 KK yang terdiri dari 1.064 jiwa. Ketinggian air sekitar 40 cm sampai 100 cm. Tidak hanya rumah, lahan perkebunan, sawah, rumah ibadah, kantor desa, dan bangunan sekolah juga turut tergenang air.

Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan dalam dua hari terakhir ini menyebabkan  debit air Sungai Rongkong meningkat, serta terjadinya pendangkalan sungai pasca banjir bandang.

BPBD Sulsel (19/5) menyalurkan bantuan berupa beras beserta paket sembako siaga darurat yang berisi bahan makanan beserta sarung, selimut dan popok bayi.

Untuk membantu penanganan banjir di daerah tersebut, Plt Gubernur terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan BPBD Kabupaten Lutra.

“Alhamdulillah, Tim BPBD Provinsi hari ini menyalurkan bantuan untuk saudara kita terdampak banjir di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan,” ucapnya.

Ia berharap agar banjir dapat segera surut. Serta mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca saat ini yang memasuki musim penghujan di beberapa wilayah dan berharap agar masyarakat menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari paparan Covid-19. (FK/AI).

Read 1252 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Phinisi News

Latest from Phinisi News

Login to post comments