Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah. (Foto : Dok Humas Pemprov Sulsel). Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah. (Foto : Dok Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K

Makassar (Phinisinews.com) - Gubernur Provisi Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulsel, mempercepat program-program yang menjadi fokus tahun 2021.

Selain itu, diingatkan agar APBD Tahun Anggaran 2021 benar-benar dinikmati oleh masyarakat.

“Program betul-betul harus dikawal dengan baik seperti masalah sosial, fokus penggunaan anggaran, fokus pembangunan, perkecil program agar bisa dinikmati, kerja tim work, dan kolaborasi,” kata Gubernur Nurdin di Makassar, awal pekan ini.

Berdasarkan hasil evaluasi untuk tahun sebelumnya, Gubernur menyatakan bahwa  banyaknya bantuan yang diberikan Pemprov Sulsel, tetapi pembangunannya tidak tuntas. Ia mencontohkan, bantuan untuk pembangunan masjid yang nominalnya kecil karena disesuaikan dengan proposal yang diajukan.

“Bayangkan kita bantu masjid setiap tahun, tetapi kecil-kecil, tidak tuntas. Tahun ini kita fokuskan langsung jadi, jangan kita sesuaikan dengan proposal. Pokoknya tahun ini kita tidak mau seperti itu lagi,” ucapnya.

Salah satu kunci untuk menuntaskan pembangunan, menurut Dia, adalah sinergitas. Pemprov harus berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah.

“Kuncinya, jangan jalan sendiri-sendiri. Karena kalau jalan sendiri-sendiri, puluhan triliun pun tidak cukup uang kita,” ujarnya.

Dia berharap, meskipun program-program yang dibuat kecil, tetapi bisa dinikmati oleh masyarakat dan dikerjakan secara maksimal. Salah satunya adalah rest area.

“Tolong maksimalkan semua pekerjaan, seperti rest area. Bayangkan kalau itu jadi, banyak usaha yang bisa berjalan, ada Pertamina yang bisa dibangun di situ, kuliner dan lainnya,” katanya.

Dia mengharapkan seluruh OPD mempercepat semua program yang menjadi fokus  2021 ini. Turun ke bawah, lihat langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, khususnya di Dinas PUTR dan beberapa dinas lainnya.

Percepat semua program karena refokusing sudah di depan gerbang. Ini harus betul-betul menjadi perhatian. Semasih kita punya uang, kita harus memanfaatkan dengan baik anggaran yang ada.

Pertemuan dengan jajaran terkait itu dilakukan dengan melaksanakan Protokol Kesehatan ketat, semua pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir yang telah disiapkan sebagai fasilitas prokes. (FK/R-HMS/MK).

Read 1100 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us