Dua Mahasiswa PNUP, Nur Huda dan Sri Wahyuni Idris berhasil merancang bangun sebuah nano repeater untuk jaringan seluler 5G. (Foto : Sulwan) . Dua Mahasiswa PNUP, Nur Huda dan Sri Wahyuni Idris berhasil merancang bangun sebuah nano repeater untuk jaringan seluler 5G. (Foto : Sulwan) .
 

Penulis : Sulwan Dase  /  Editor : Fred K

Makassar (Phinisinews.com) - Dua orang mahasiswi Program Studi Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Nur Huda dan Sri Wahyuni Idris berhasil merancang bangun nano repeater untuk jaringan seluler 5G.

Nano Repeater adalah pemancar ulang sinyal selular 5G dengan ukuran daya pancar yang kecil, namun dapat meningkatkan sinyal para pengguna 5G yang jauh dari lokasi BTS (Base Transceiver Station).

Proyek perancangan Nano Repeater tersebut dipertanggungjawabkan dua mahasiswi itu dihadapan penguji dalam sebuah  Sidang Tugas Akhir, di Kampus PNUP, Makassar, pekan ini. Didampingi dosen pembimbing Sulwan Dase, ST, MT, dan Muh. Mimsyad, ST, M.Eng, PhD.

Dalam uji coba yang dilakukan di dekat Kantor PT Telkom di jalan AP Pettarani Makassar,  diperoleh hasil yang memuaskan, perangkat Nano Repeater tersebut dapat memberikan penguatan terhadap sinyal 5G sampai 23 dB (desibel).

Perangkat tersebut menggunakan dua Antena Microstrip Rectangular Patch yang di desain dan dipabrikasi sendiri di Laboratorium Frekuensi Tinggi dan Transmisi Politeknik Negeri Ujung (PNUP). 

Sebagai penguat aktif, pada Nano Repeater diberikan sebuah Low Noise Amplifier (LNA), ujar dua mahasiswi tersebut.

Dalam perkembangan jaringan komunikasi selular, wilayah pelayanan (cover area) dari satu BTS disebut Cell. Kemudian cover area diperkecil menjadi Micro Cell tetapi jumlah pelanggan yang dilayani menjadi lebih banyak, ujarnya.

Menurut Dosen Pembimbing, Sulwan Dase, Lebih kecil lagi areanya saya sebut Nano Cell. Daya pancar dan cover area sangat kecil.

Keadaan itu, menginspirasi saya selalu dosen untuk membuat Nano Repeater.  Kedua mahasiswa tersebut kemudian saya tawari untuk merancang bangun sebuah Nano Repeater sebagai Tugas Akhir dan berhasil, ujarnya. (SD/FK).

Read 233 times
Rate this item
(5 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Ahmad Imron  /  Editor : Fred Kuen Makassar (Phinisinews.com) - Ketua Umum DPP Dewan Ekonomi...
  Penulis : Mitha MK  /  Editor : Ahmad Imron Makassar (Phinisinews.com) - Uji Sertifikasi Kompetensi Wartawan...
  Penulis : Mitha MK  /  Editor : Ahmad Imron Makassar (Phinisinews.com) – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)...
  Penulis : Ahmad Imron  /  Editor :  Mitha MK Makassar (Phinisinewscom) – Lembaga Pelatihan Jurnalistik dan...

Get connected with Us