Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Lisensi BNSP melalui LSP Pers Indonesia di TUK YPMPK Makassar, Sabtu (15/10). (Foto : Dok TUK YPMPK). Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Lisensi BNSP melalui LSP Pers Indonesia di TUK YPMPK Makassar, Sabtu (15/10). (Foto : Dok TUK YPMPK).
 

Penulis : Mitha MK  /  Editor : Ahmad Imron

Makassar (Phinisinews.com) - Uji Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Lisensi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia di Makassar, terutama diminati untuk skema wartawan utama bagi para pimpinan media/Pimpinab Redaksi.

Kepala Tempat Uji Kompetensi (TUK) Yayasan Pers Multimedia Phinisi Kuensyam (YPMPK), Fredrich Kuen, MSi di Makassar, Sabtu, mengakui, dari evaluasi tiga kali uji kompetensi yang dilakukan tiap 10 hari di Makassar, seluruh peminat adalah skema wartawan utama.

Mayoritas peserta adalah pemilik media, pendiri media dan Pimimpin Redaksi, serta calon pimpinan redaksi yang sedang dipersiapkan, padahal uji kompetensi ditawarkan untuk semua skema,  baik Wartawan Utama,  Madya dan Wartawan Muda, ucapnya tanpa merinci angka.

Rata-rata peserta uji kompetensi adalah wartawan berpengalaman  tujuh tahun ke atas sehingga skema uji dilakukan secara kombinasi portofolio dan wawancara serta bila dibutuhkan diperkuat dengan tambahan unjuk kerja.

Menurut Fredrich yang juga Asesor Pers BNSP, para wartawan senior yang selama ini sulit memperoleh peluang uji kompetensi, memanfaatkan secara maksimal jadwal uji kompetensi yang dikeluarkan TUK YPMPK di Makassar tiga kali dalam sebulan.

Menurut dia, YPMPK tidak hanya menyelengarakan uji kompetensi bagi wartawan, tetapi melalui unit usaha Lembaga Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan Pers Multimedia Training Center (P2MTC) juga melakukan pelatihan jurnalistik tingkat dasar (wartawan), lanjutan (Redaktur) hingga tingkat Pimred serta membuka layanan Bimbingan Teknis bagi calon peserta SKW untuk semua tingkatan yang diberikan oleh trainer profesional.

Hampir semua peserta Uji Kompetensi SKW di Makassar terlebih dahulu mengikuti pelatihan dan Bimtek, sehingga praktek unjuk kerja maupun pengetahuan jurnalstik “disegarkan” terlebih dahulu, sehingga tidak mengalami kesulitan saat mengikuti Uji Kompetensi, ujarnya. (MMK/AI).

Read 688 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us