Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) PPWI dan LSP PI yang akan menggelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di seluruh Indonesia. Tahap pertama untuk 1.000 anggota PPWI. (Foto : Dok Istimewa PPWI). Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) PPWI dan LSP PI yang akan menggelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di seluruh Indonesia. Tahap pertama untuk 1.000 anggota PPWI. (Foto : Dok Istimewa PPWI).
 

Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred K

Jakarta (Phinisinews.com) - Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) akan menggelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di seluruh Indonesia melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pers Indonesia (LSP PI) dan tahap pertama menargetkan 1.000 anggotanya sebagai peserta.

Menindaklanjuti rencana tersebut,  Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional PPWI Wilson Lalengke dan Ketua LSP Pers Indonesia Hence Mandagi menandatangani  Memorandum of Understanding  atau kesepakatan kerjasama di Ruang Rapat Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Senayan, Jakarta, Selasa.

Siaran Pers PPWI yang diterima Redaksi Phinisinews.com di Makassar, menyebutkan, Penandatanganan MoU antara PPWI dan LSP Pers Indonesia ini difasilitasi Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi yang juga menjabat Sekretaris Jenderal DPN PPWI.

Senator asal Aceh ini mengatakan, pihaknya baru saja mengadakan rapat dengan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie dan telah memaparkan tentang PPWI, perkembangan citizen journalism, dan LSP Pers Indonesia terkait sertifikasi wartawan.

"Beliau mendukung rencana PPWI melaksanakan SKW di LSP Pers Indonesia. Namun Pak Menteri juga meminta kita memberi ruang bagi pelaksanaan UKW (versi Dewan Pers) yang sudah jalan selama ini," ujar Fachrul saat membuka acara penandatanganan MoU PPWI dan LSP Pers Indonesia.

Usai penandatanganan MoU, Ketum PPWI Wilson Lalengke mengatakan, PPWI siap melaksanakan sertifikasi terhadap wartawan dan pewarta warga, baik anggota PPWI maupun pewarta warga dari masyarakat umum lainnya.

"Asesor penguji dari LSP Pers Indonesia berlisensi BNSP harus siap karena peserta yang akan mengikuti cukup banyak," ujar Wilson.

Ketua LSP Pers Indonesia, Hence Mandagi yang didampingi Ketua Dewan Pengarah  Soegiharto Santoso, General Manager, Meytha Kalalo dan Manajer Administrasi LSP Pers Indonesia, Tri Cahyandi, mengapresiasi kepercayaan yang diberikan PPWI memilih LSP Pers Indonesia mensertifikasi anggota PPWI di seluruh Indonesia.

"Kami siap bekerja sama dengan PPWI melaksanakan SKW bagi angggota dan pengurus PPWI. Terima kasih juga kepada Fachrul Razi dan DPD RI yang sudah menyiapkan tempat terhormat bagi kami untuk menandatangani MoU bersama PPWI," ujar Hence Mandagi yang juga menjabat Ketum DPP Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI).

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pengarah LSP Pers Indonesia, Soegiharto Santoso menyampaikan salut dan bangga kepada Fachrul Razi yang mau menyampaikan aspirasi wartawan dan LSP Pers Indonesia kepada Menkominfo, Budi Arie terkait permasalahan pers dan sertifikasi wartawan.

Selain Ketum PPWI, pada kesempatan itu juga hadir jajaran PPWI Pusat, Eva Susanti (Sekretariat PPWI), Ujang Kosasi, SH dan H. Alfan, SH (Tim PH PPWI). Selain itu terlihat hadir juga pengurus dan anggota PPWI dari beberapa daerah anatra lain Dede Nurcahya dan Neneng JK (PPWI Karawang), Asriel Johan Tatande (PPWI Sangihe), Edwin Waturandang, Dedy Nahli, dan Eva Andryani (PPWI Jakarta), serta Rahmat Pangabean dan Desi Ani Ginting (PPWI Riau). Sementara itu dalam acara ini juga hadir menyaksikan penandatanganan MoU dari pihak luar, yakni Herry Setiawan, SH (Dewan Pendiri Aliansi Keluarga Pers Indonesia ), D. Setiawan dan Nawawi (warga Karawang). (Red/FK).

Read 645 times
Rate this item
(1 Vote)
Published in Dokter News
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us