Denpasar, 28/2 (Phinisinews) - Tokoh spiritual Dr Somvir mengatakan politik itu identik dengan perilaku kotor, namun sebenarnya politik itu indah sebagai proses sebuah demokrasi.

"Karena itu bagaimana kita harus mampu mengubah kesan kotor tersebut menjadi indah dan bermartabat menuju demokrasi berkeadilan, serta bisa diubah menjadi politik spiritual," kata Dr Somvir saat ditemui di Kantor Bali-India Foundation di Denpasar, Kamis.

Karena dengan kesan atau identik kotor tersebut, kata dia, maka para spiritual tidak tertarik ikut terjun di dalamnya. Ini sebenarnya tantangan para spiritual harus mampu mengubah kesan kotor itu menjadi politik berspiritual.

"Saya pikir tidak semuanya yang bermain politik itu kotor, masih ada 20 persen yang memang benar-benar ingin menyejahterakan masyarakat. Namun, bagaimana mungkin memperjuangkan aspirasi masyarakat jika tidak masuk ke dalam sistem?" kata ahli yoga yang sudah 20 tahun menetap di Bali.

Oleh karena itu, kata Somvir, dirinya terpanggil hatinya untuk terjun ke dunia politik untuk meluruskan politik yang selama ini terkesan kotor agar menjadi politik Indonesia, khususnya di Bali berdasarkan spiritual.

"Selama ini kami berusaha menyampaikan aspirasi, tapi tetap tidak didengar. Akhirnya, saya berpikir, sebaiknya memang masuk ke dalam sistem agar bisa ikut langsung memberikan kontribusi tepat terhadap harapan masyarakat," kata Somvir.

Ia menyayangkan, banyak sekali Ashram (padepokan spiritual) di Pulau Dewata, namun hanya beberapa yang mendapatkan bantuan. Padahal, ashram memberikan banyak kontribusi pada perkembangan fisik dan mental manusia.

Melihat sejarah India dan Bali yang begitu dekat, kata Somvir ingin perjuangannya masuk ke ranah politik sebagai salah satu bagian misinya untuk turut membangun Bali.

Saat ini, ia menilai, banyak politikus bergerak di luar jalan spiritual sehingga arah kebijakannya lebih banyak mementingkan diri sendiri dan korupsi. Dengan berjalan di bidang spiritual, ia sangat yakin, pelan-pelan politik yang identik dengan kotor dapat terkikis dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Ia mengatakan banyak tokoh-tokoh dunia dan nasional menjadi panutannya seperti Mahatma Gandi, Nehru, termasuk Ir Soekarno. Termasuk juga pemimpin Bali seperti mantan Gubernur Bali Prof Ida Bagus Mantra, salah satu pemimpin yang memang menjalankan kepemimpinan dengan "political spiritual".

Dikatakan politik spiritual mementingkan kejujuran. Misalnya, bantuan sosial (bansos) yang didapat anggota DPRD sebaiknya dipublikasikan kepada masyarakat dan didelegasikan sesuai keperluan masyarakat.

"Bantuan tidak hanya diberikan kepada warga yang memang dekat atau konstituen pendukung pada saat menjadi calon legislatif saja. Tapi kalau sudah duduk di parlemen harus merata dan adil, karena mereka sudah mewakili rakyat semua," katanya.

Selain itu, Somvir lebih lanjut mengatakan transparan sangat diperlukan untuk menunjang kejujuran tersebut.

"Saya justru ingin bila saya berhasil maju dan duduk di lembaga legislatif, gaji pokok saya sumbangkan ke masyarakat. Itu sebagai bentuk bagian pengabdian saya selaku anggota DPRD," kata pria yang bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Somvir mengatakan dirinya bukan baru memetakan peta politiknya. Tetapi sejak dua tahun sudah melakukan konsolidasi untuk melihat bagaimana kondisi masyarakat di pedesaan.

Karena itu, ia ingin mengutamakan tiga program penting dalam pencalonan di DPRD pada Pemilu Legislatif tahun 2014. Yaitu akan fokus pada program pemberdayaan perempuan, peduli generasi muda, dan konsen terhadap pertanian.

Ia ingin membentuk koperasi perempuan di pedesaan untuk membantu para isteri atau ibu rumah tangga dalam membantu perekonomian keluarga.
Sementara untuk pembinaan generasi muda, ia ingin mengusulkan memasukkan yoga di semua sekolah. Tujuannya, untuk membuat masyarakat sejahtera harus dimulai dari menjaga kesehatannya sendiri. Dengan yoga, masyarakat bisa mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani.

"Karena dengan menjalankan yoga saya harapkan mampu meminimalkan tawuran antargenerasi muda, dan juga pelan-pelan dapat menghapus bibit keinginan korupsi," ucapnya.

Menurut dia, kalau semua masyarakat dapat menjaga kesehatannya dengan baik, berapa persen yang akan dihemat untuk biaya kesehatan masyarakat.

Ia mengaku, sudah dari dulu mengusulkan agar yoga dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, semua itu bertujuan agar para generasi muda sehat dan cerdas.

Terlebih ke depannya, kata dia, masyarakat Indonesia menghadapi pasar globalisasi. Disinilah, diperlukan kekuatan mental agar tetap bertahan dalam kearifan lokal.

"Saya yakin semua itu akan bisa diatasi dengan belajar yoga. Karena kita akan merasa tenang dan damai walau menghadapi dunia serba globalisasi," kata Somvir.

Saat ini, Somvir sudah membangun Markandeya Yoga City di Desa Sukasada, Kabupaten Buleleng. Alasanya berdasarkan pengamatannya, Buleleng pernah menjadi Ibu Kota Provinsi Bali. Selain itu, para Rsi suci seperti Rsi Markandeya dalam perjalanan spiritualnya, sebelum menuju Karangasem, menyempatkan singgah di Buleleng.
Dia pun maju ke arena politik pada Pemilu legislatif mendatang melalui daerah pemilihan Kecamatan Sukasada, Buleleng. Saat ini tokoh spiritual asal India banyak mendapat dukungan para penekun spiritual.
"Mereka memiliki aspirasi yang selama ini kurang diserap pemerintah. Untuk itu, saya maju ke politik untuk dapat mengakomodir semua aspirasi tersebut,¿ ujar guru yoga yang sudah memiliki sedikitnya 1.000 murid dan melahirkan 120 guru yoga yang tersebar di seluruh Indonesia.

Somvir mengaku dirinya tidak memiliki ambisi muluk-muluk dan berjanji kepada masyarakat yang istimewa. Baginya, maju ke politik untuk mengubah perpolitikan yang sudah dikenal sangat kotor.

"Saya berkeyakinan jika para politikus bisa menjalankan politik spiritual, maka kesejahteraan dan kedamaian masyarakat dapat diwujudkan," kata Somvir menegaskan.


Politik sintemen keagamaan

Pengamat politik Dr I Nyoman Subanda memandang penggunaan sentimen keagamaan untuk meraup suara dalam pemilu legislatif dan pemilihan kepala daerah sudah tidak ampuh lagi.

"Partai-partai politik yang ada justru saya lihat telah mengalami krisis ideologi, baik yang mengatasnamakan partai nasionalis maupun agama," kata Subanda di Denpasar, baru-baru ini.

Menurut Subanda, fenomena itu sudah terjadi baik secara nasional maupun di daerah. Kampanye hitam yang mengatasnamakan agama tidak lagi mampu menarik simpati masyarakat dan memobilisasi massa.

"Memang cara-cara politisasi agama itu sebenarnya tidak sehat bagi proses demokrasi dan bernegara dalam NKRI,"kata dosen FISIPOL Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar itu.

Tidak hanya sentimen berkedok agama, lanjut Subanda, sentimen kedaerahan pun telah mulai memudar digunakan dalam proses perpolitikan. Salah satunya kemenangan Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, walau pun dia bukan orang Betawi.

"Di Bali pun, tampak buktinya di Pilkada Buleleng. Putu Agus Suradnyana yang akhirnya menjadi bupati. Padahal ia sudah dicari-cari kelemahannya bahwa ia tidak asli Buleleng. Ternyata sentimen kedaerahan juga tak mempan," ucap Subanda.

Subanda melihat yang justru paling kental dan dinilai efektif oleh parpol untuk meraup suara rakyat melalui praktik kecurangan dengan menggunakan politik uang.

(Sumber: I Komang Suparta)
Read 2440 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Feature
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us