Mengulik Hubungan Musik dan Yoga

  • Friday, Nov 20 2015
  • Written by  Phinisinews - CNN
Ilustrasi musik Foto:Ist Ilustrasi musik Foto:Ist

Phinisinews - Jakarta, Musik sudah jadi bagian dari keseharian, menemani segala aktivitas mulai bangun hingga kembali ke peraduan. Dengan mendengarkan musik, perasaan dan suasana hati menjadi lebih tenang.

Begitu pula dengan yoga. Dengan mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas yang menenangkan tersebut, perasaan dan suasana hati kita menjadi lebih damai dan akan berpengaruh baik terhadap yoga yang kita lakukan.

Hal itu diakui Arif Sentosa, instruktur yoga yang sudah bergelut dibidang itu selama 20 tahun lebih. Ia mengakui, bahwa musik memiliki andil yang sangat besar dalam aktivitas yoga. "Musik itu sangat bisa membantu jalannya yoga," ujar Arif yang dilansir dari CNN Indonesia ketika ditemui disela-sela acara Namaste Festival, Jakarta, Jumat (20/11).

Menurutnya, musik dapat mengatur emosi yang akan memberikan pengaruh baik terhadap hasil akhir dari yoga. "Lagu itu kan mengandung emosi, dengan lagu itu, kita bisa meningkatkan emosi kita dan menginspirasi para pelaku yoga untuk lebih fokus," Arif menjelaskan.

Selain itu, musik juga dapat memberikan kobaran api semangat kepada para pelaku yoga. "Jadi, para pelaku yoga bisa lebih semangat. Mereka bisa mengalir bersama aliran emosi lagu yang mereka dengarkan ketika sedang melakukan yoga," Arif menceritakan.

Berbicara tentang jenis musik yang dapat didengarkan ketika sedang melakukan aktivitas yoga, Arif menegaskan bahwa segala jenis musik dapat digunakan untuk menjadi pendamping aktivitas yoga. "Apa saja, segala jenis musik apa saja. Tapi, saya memilih jenis musik yang bisa meningkatkan rasa semangat," katanya. "Boleh pop atau aliran musik lainnya.

Yang terpenting adalah lirik, nada dan beat yang dihasilkan dari lagu yang diputar," papar Arif. Hal serupa juga dikatakan oleh Slamet Riyanto, ahli yoga yang juga menjadi instruktur senior di dunia yoga. Menurut Slamet, musik dapat memberikan rasa bahagia kepada manusia.

Ketika para yogi mendengarkan musik, mereka akan tersenyum dan memberikan pengaruh baik terhadap aktivitas yoga mereka. "Yoga itu adalah tentang kebahagiaan. Ketika Anda melakukan yoga, Anda harus senang, tersenyum, jangan cemberut," Slamet menegaskan.

"Kesenangan itu bisa diakibatkan oleh musik, yang kemudian akan menjadi pengaruh baik bagi orang-orang di sekeliling kita." (MK)

Read 2050 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Hiburan Dan Pariwisata
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us