Penulis : Fred Kuen
Editor : Mitha MK
 
Maros, Sulsel, (Phinisinews) - Ketua Dewan Adat Kerajaan Adat Turikale Maros, Sulawesi Selatan, Syekh H. Andi Muhammad Hidayat Puang Rukka menyatakan, penobatan  Brigjen Pol Purn Dr Achmad Aflus Mapparessa, MM, MSi sebagai  Karaeng (Raja Adat) Turikale VIII  tetap akan dilakukan sesuai jadwal, 5 September 2019.
 
"Sebagai Ketua Dewan Adat, saya akan menobatkan Karaeng Turikale VIII sesuai jadwal," kata Hidayat Puang Rukka di Maros, Sulawesi Selatan, Rabu.
 
Menurut dia, protes rencana penobatan Karaeng Turikale VIII oleh Ketua Dewan Adat Turikale,  Massulangka Karaeng Situju dari  pihak Hj Andi Alice Tenriawaru Karaeng Rannu yang dinobatkan 24 Maret 2019 sebagai Karaeng (Ratu Adat) Turikale IX, kami abaikan.
 
Sebab, Karaeng Turikale VIII belum ada, lalu  sudah ada penobatan Karaeng Turikale IX yang dinobatkan Maret 2019.
 
Dia meluruskan bahwa Karaeng Turikale VIII menurut versi Andi Alice  adalah Kamaruddin Sjahban Daeng Mambani (1958 - 1963). Ini salah kaprah, ujarnya dan melanjutkan bahwa Kamaruddin hanya Kepala Distrik Turikale sebab sudah ada Undang undang bahwa kepala distrik adalah kepala pemerintahan dan tidak otomatis adalah Raja (Karaeng) dan tidak ada penobatan saat itu sehingga terjadi kekosongan.
 
"Berdasarkan keadaan itu sehingga kami tidak mengakui bahwa ada Karaeng Turikale IX," ujar Hidayat Puang Rukka.
 
Selain itu, di Turikale  Maros ini, Karaeng Turikale identik dengan imam karena di daerah ini adalah pusat Tarekat Khalwatiyah Samman. Jadi idealnya Karaeng Turikale adalah Laki-laki dan bukan perempuan.
 
Hj Andi Alice Tenriawaru Karaeng Rannu Karaeng (Ratu Adat) Turikale IX adalah cucu dari Andi Abdul Hamid Puang Nessa Karaeng (Raja) Turikale VI dan Lanri Gau Karaeng Manginruru Karaeng (Raja) Galesong XVI.
 
Sedangkan Achmad Aflus Mapparessa yang akan dinobatkan sebagai Karaeng (Raja Adat) Turikale VIII pada September 2019 adalah anak dari H Andi Mapparessa Daeng Sitaba Karaeng Turikale VII. 
 
Hidayat Puang Rukka mengatakan, usai penobatan, pada hari yang sama akan dilanjutkan pengukuhan Achmad Aflus Mapparessa sebagai Ketua Forum Silaturahmi Kerajaan Nusantara (FSKN) wilayah Sulsel yang akan dilakukan oleh Ketua FSKN nasional Raja Adat Cirebon.(MK)
Read 136 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments
  • Dokter News
  • Citizen Journalism

Galleries

 
  Editor : Fred K   Bantaeng (Phinisinews) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah mengharapkan...
  Penulis : Fred K.   Editor : Mitha M   Makassar (Phinisinews) - Pengamat Budaya Dr Muhammad Ali A, MPd...
  Editor : Fred K.   Makassar (Phinisinews.com) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah (NA)...
  Tangerang (Phinisinews.com) - Ketua Dewan Pembina Yayasan Muslim Sinar Mas (YMSM), Jenderal Polisi (Purn) Drs...

Get connected with Us