foto: Kepala KPP Pratama Makassar Barat foto: Kepala KPP Pratama Makassar Barat

Penulis : Fred K

Editor : Mitha MK

 

Makassar (Phinisinews.com) - Pelatihan Pajak online yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Makassar, Sulawesi Selatan saat "work from home" akibat Pandemi Korona dalam melakukan bimbingan pengisian laporan tahunan pajak badan dan pribadi dinilai efektif oleh peserta.

Beberapa peserta untuk pajak badan usaha seperti Yayasan Pers Multimedia Phinisi Kuensyam, Art and Design, Yayasan APK serta beberapa peserta pajak pribadi di Makassar, Jumat, sepakat menyatakan pelatihan pajak online ini sangat efektif karena seluruh peserta dapat merampungkan pengisian laporan pajak tahunannya.

Untuk Pajak tahunan pribadi. Saat pelatihan dapat langsung dirampungkan pengisian laporan pajak dan dilaporkan secara online melalui Efin.

Sedangkan pengisian SPT tahunan Badan hingga pelaporannya, peserta mengakui membutuhkan waktu 2-3 hari baru rampung karena harus melengkapi beberapa dokumen lainnya.

Rata rata setiap hari kelas pajak online ini diikuti oleh 20 peserta berlangsung 4-5 jam dan untuk KPP Makassar Barat melakukan kombinasi grup whatsapp, link web dan Video online sedangkan Makassar Utara menambahkan dengan aplikasi zoom.

Dalam video online, Kepala KPP Makassar Barat, Muh Sukri Subki mengatakan periode 16 Maret sampai 29 Mei 2020, kantor pajak KPP Makassar Barat tidak melakukan layanan tatap muka dan diganti dengan layanan online.

Khusus bagi laporan pengisian (SPT) pajak tahunan serta bimbingan elektronik filing identification (Efin) dilakukan melalui "kelas pajak online" setiap hari Senin sampai Jumat, terutama bagi pengisian laporan pajak pemula.

Bimbingan pengisian SPT tahunan pola online ini adalah bagian dari peningkatan pelayanan yang diberikan kantor pajak agar wajib pajak bisa melakukan pengisian secara benar dan tepat waktu sekalipun dalam situasi Pandemi Covid-19, ujar Sukri.

Koordinator kelas pajak online Makassar Barat, Abie Agazy mengatakan, tim kami tetap memberikan bimbingan pengisian SPT tahunan badan usaha dan pribadi setelah usai kelas pajak on line secara jaringan pribadi (japri).

Tujuannya agar pengisian SPT dilakukan secara benar dan dilaporkan tepat waktu, ujarnya.

Tim pembimbing dari Makassar Barat antara lain Nurfita Primastuti, Riski Andini Sipatu, Eny Suryani dan Rizky Khaerany sedangkan koordinator Makassar Utara, Fitrah. (FK/MMK).

Read 335 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
    Penulis : Fred K Editor : Redaksi   Makassar (Phinisinews.com) - Notaris PPAT, Nini Savitry menyatakan...
  Penulis : Ahmad Imron Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Direktur Eksekutif Phinisi Pers Multimedia...
  Penulis: Fred K Editor: Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) - Majelis Raja Agung Sultan (MARS) Indonesia Wilayah...
Penulis : Fred K Editor : Mitha MK   Makassar (Phinisinews.com) - Pelatihan Pajak online yang dilakukan Kantor...

Get connected with Us