Wagub Sulsel Terima Kunjungan ICRC  (Foto Humas Pemprov Sulsel) Wagub Sulsel Terima Kunjungan ICRC (Foto Humas Pemprov Sulsel)
 

Penulis : Fred Kuen

Editor : Mitha K

Makassar (Phinisinews.com) -  Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan delegasi regional International Committee Red Cross (ICRC) di Rumah Jabatan Wagub di Makassar, Jumat.

Rombongan  International Committee Red Cross (ICRC) atau Komite Internasional Palang Merah adalah lembaga kemanusiaan swasta yang berbasis di Jenewa, Swiss. Rombongan terdiri dari Benoit Chavaz (Wakil Kepala Delegasi ICRC untuk Indonesia dan Timor-Leste), Dominic Earnshaw (Networking Advisor), Dini Haripuspita (Program Advisor), dan Donny Putranto (Penasihat Hukum ICRC).

Sebelumnya rombongan telah melakukan kunjungan di beberapa tempat di Sulsel. Seperti di Perguruan Tinggi yakni Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Islam Negeri (UIN), detention place (tempat penahanan) dan dua Pesantren, salah satunya di IMMIM.

Benoit Chavaz memperkenalkan tujuan kunjungan, memaparkan update kerja-kerja ICRC di Indonesia, khususnya terkait pengajaran Hukum Humaniter Internasional di perguruan tinggi, respon terhadap Covid-19, dan proyek baru ICRC bernama Nilai Kemanusiaan.

Ia pun sempat berdiskusi dengan MUI dan beberapa lembaga lainnya terkait pemulasaran jenazah Covid-19.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik kunjungan rombongan ICRC. Ia pun memberikan masukan, terkait pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

“Saya pernah memberi masukan agar adanya ruang khusus bagi keluarga jenazah pasien Covid-19. Jadi bisa melihat proses pemulasaran hingga pemakaman. Intinya kami minta ICRC bisa menulis catatan ke kami untuk hasil kunjungannya sehingga bisa menjadi masukan dalam kebijakan provinsi,” ungkap Wagub dalam release yang disebar Humas Pemprov Sulsel..

Saat ini, lanjut Wagub, masyarakat Sulsel telah sadar akan pentingnya prosedur untuk Covid-19 serta prosedur kesehatan menghadapi Pandemi seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menghindari kerumunan orang banyak. “Kami selalu terbuka jika ingin datang dan selalu hubungi untuk kerja-kerja ICRC,” ujarnya.

Wakil Kepala Delegasi ICRC untuk Indonesia dan Timor-Leste, Benoit Chavaz memberikan buku berjudul Kemanusiaan Perang, dan Hukum Perang Islam. (FK/R-HMS/MK).

Read 54 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Walau masih dalam masa pandemi...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...

Get connected with Us