Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah Melakukan Pengecekan Kesiapan Peralatan dan Penanganan Bencana Prediksi Cuaca Ekstrem di Sulsel (Foto : Humas Pemprov Sulsel). Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah Melakukan Pengecekan Kesiapan Peralatan dan Penanganan Bencana Prediksi Cuaca Ekstrem di Sulsel (Foto : Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Ahmad Imron

Makassar (Phinisinews.com) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah bersama TNI-Polri dan Basarnas di tengah Pandemi Covid-19, melakukan pengecekan kesiapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel menghadapi cuaca ekstrem jelang tahun baru.

“TNI, Polri, Basarnas, BPBD, dalam rangka pengecekan kesiapan menghadapi cuaca ekstrem. Saya kira ini penting sekali untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” ujar Gubernur di Makassar, Minggu.

Dia menjelaskan, Pemprov Sulsel bekerjasama dengan BMKG terus mengkaji hasil analisa atas titik-titik berisiko yang patut diwaspadai, terutama di Kabupaten Wajo (Danau Tempe) yang menjadi langganan banjir setiap tahun.

Meski masyarakat di Kabupaten Wajo khususnya yang bermukim di sekitar Danau Tempe telah terbisa dengan banjir musiman ini, Nurdin Abdullah memastikan masalah ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Danau Tempe ini memiliki lima sumber sungai sementara pembuangan hanya satu, masyarakat Wajo sudah menganggap itu menjadi musiman tetapi ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut,” urainya.

Yang juga menjadi perhatian Gubernur saat ini adalah mengenai daerah sekitar Sungai Jeneberang, termasuk pengendalian di Bendungan Bili-Bili Kabupaten Gowa.

Selain itu, beberapa daerah yang super kritis, termasuk daerah sungai Jeneberang, apa yang harus kita perhatikan di sana adalah pengendalian dari Dam Bili-bili kemudian dari Jenelata,” ucapnya.

Secara umum, Gubernur mengharapkan seluruh masyarakat Sulsel meningkatkan kewaspadaan dengan cuaca ekstrem saat Pandemi Covid-19 masih ada jelang tahun baru.

“Saat ini kita harus hati-hati. Berdasarkan informasi dari BMKG bahwa diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem,” ujarnya.

Hampir semua bencana alam sulit untuk diprediksi kapan datangnya. Tetapi dengan melakukan kesiap-siagaan dari BPBD Sulsel dan daerah-daerah lain, kita harapkan hal itu dapat mengurangi kerugian maupun korban jiwa.

“Datangnya bencana tidak bisa diprediksi kapan dan dari mana datangnya. Tetapi dengan penanganan bencana yang sistematis kerugian dapat kita minimalisir. Dalam menghadapi bencana alam diperlukan peran aktif semua pihak,” jelasnya.

Pada apel kesiagaan Bencana, Gubernur juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Forkompinda Sulsel dan seluruh pihak lain yang telah berpartisipasi dalam mendukung kegiatan ini.

“Atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Forkompinda, dan pihak-pihak yang telah berpartisipasi pada apel kesiapan yang kita laksanakan ini,” ujarnya.

Gerakan seperti apel siaga tanggap bencana sangat penting baik untuk lapisan masyarakat hingga anggota TNI dan Polri.

Hadir pada apel itu, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Pangkoopsau, Lantamal, Kabinda Sulsel, Kepala BNN Sulsel, Wakil Ketua DPRD Sulsel dan Kepala Basarnas.

Dalam kegiatan tersebut tetap diingatkan untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat, pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir. (FK/R-HMS/AI)

Read 45 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Walau masih dalam masa pandemi...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...

Get connected with Us