Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberikan penjelasan upaya menekan angka penyebaran Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi di Sulsel, di Makassar. (Foto : Humas Pemprov Sulsel). Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberikan penjelasan upaya menekan angka penyebaran Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi di Sulsel, di Makassar. (Foto : Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis :  Fred K  /  Editor :  Ahmad Imron

Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya menekan angka penyebaran Covid-19, sekaligus mengupayakan pemulihan ekonomi melalui berbagai pendekatan.

Artinya, terus menjaga keseimbangan ekonomi sambil menekan angka penyebaran Covid-19 serta  mewaspadai varian baru virus corona, kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan pertemuan virtual dengan berbagai jajaran terpadu di Sulsel sesuai press release Humas Pemprov Sulsel, di Makassar, Rabu.

Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Sulsel, dilakukan dengan upaya selalu waspada memantau perkembangan di tempat wisata, tempat pergerakan mobilitas masyarakat, serta memperketat protokol kesehatan dengan membudayakan pemakaian masker untuk semua aktivitas, menghindari kerumunan serta menjaga jarak serta selalu menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun di air mengalir pada setiap berkegiatan.

“Kita juga perketat screening di tempat arus keluar masuk daerah/luar provinsi, termasuk di bandara dan terus mengontrol serta berkoordinasi dengan pusat jika ada yang terdeteksi. Insya Allah, mudah-mudahan Sulsel tidak masuk varian baru virus corona,” ucapnya.

Andi Sudirman mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Mengingat baru saja telah melalui hari raya Idul Fitri 1442 H.

Sulsel saat ini, lanjutnya, diurutan ketiga se Indonesia terendah dalam Bed Occupancy Rate ( BOR) atau angka penggunaan tempat tidur di beberapa rumah sakit daerah. Dimana turun diangka 6,6 persen.

Pasca aktivitas lebaran ini, masyarakat diingatkan agar rutin mengkonsumsi vitamin C dan vitamin E dari bahan alami, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, agar imun tetap terjaga, keseimbangan makan, serta minum yang cukup agar tetap sehat serta mengontrol asupan untuk menjaga imunitas.

Mengenai pertumbuhan ekonomi, lanjut Gubernur, Sulsel arahnya mulai menuju ke positif. “Kita juga sudah naik dari Kuartal 4-2020, -0,62 persen dan kini Kuartal 1-2021 naik ke -0,21 persen. Target kita bagaimana menggenjot lagi supaya kuartal 2-2021 ini bisa angka positif,” ucapnya.

Untuk upaya pemulihan ekonomi, sektor prioritas diantaranya pertanian, UMKM, dan infrastruktur untuk pembukaan lapangan kerja.

Seluruh upaya yang dilakukan Sulsel, menurut Gubernur sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo, dalam pertemuan virtual dengan kepala daerah se Indonesia tahun 2021.

“Yang penting, tetap harus hati-hati sehingga penanganan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi bisa sejalan seiring,” kata Presiden yang dikutip Andi Sudirman. (FK/AI).

Read 930 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us