Kegiatan Vaksinasi di Area publik aula utama Mall GTC (Lippo Grup) Tanjung Bunga Makassar. (Foto : Fred). Kegiatan Vaksinasi di Area publik aula utama Mall GTC (Lippo Grup) Tanjung Bunga Makassar. (Foto : Fred).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Fyan AK

Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus melakukan pelayanan vaksinasi secara massif kepada masyarakat dengan memanfaatkan area fasilitas umum maupun aula utama kantor untuk memberikan pelayanan maksimal.

Pemantauan Pers di beberapa wilayah di Sulsel, Sabtu, melihat, hampir tiap hari disediakan tempat layanan vaksinasi dan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel per akhir Juni 2021, perkembangan vaksinasi Covid-19 mencapai angka 780.766 orang atau 51,82 persen dari total target 1.506.638 orang sasaran vaksinasi.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi seluruh pihak terkait, mulai dari tenaga kesehatan serta aparat TNI dan Polri, yang bersama membantu pelaksanaan vaksinasi ini serta dukungan dan antusiasme masyarakat Sulsel yang responsif dalam vaksinasi ini.

“Ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menangani masalah Pandemi Covid-19 di Provinsi Sulsel,” ujarnya..

Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya, serta menjadi salah satu langkah pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus corona.

Sasaran vaksinasi terutama untuk tenaga kesehatan dan pelayanan publik, dan itu  sudah “on the track” (sesuai alur) . Saat ini perlu penguatan vaksinasi bagi lansia dan masyarakat umum.

Berdasarkan pencapaian vaksinasi akhir Juni 2021, Pemprov terus kejar target bersama. Utamanya vaksinasi bagi para lansia yang saat ini telah divaksin 71.293 atau baru 9,46 persen dari target sasaran.

Langkah yang dilakukan dalam pengendalian Covid-19 di Sulsel, diantaranya penguatan pengawasan di posko PPKM di desa/kelurahan, melaksanakan pemeriksaan kembali kedatangan penumpang di bandara dan pelabuhan dengan cara random menggunakan swab antigen serta mengimbau masyarakat untuk membatasi perjalanan menuju wilayah (provinsi/ Kab/ kota) yang tergolong zona merah.

“Yang terpenting bagaimana untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat yakni wajib menggunakan masker di semua aktivitas, sering mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir atau memakai hand sanitizer dimanapun berada serta terus menjaga jarak dan menghindari kerumunan, menjaga imun dengan makanan dan minuman yang bergizi, serta senantiasa berdoa agar diberi keselamatan dan kesehatan dalam menjalani aktivitas,” ucapnya.

Selain upaya penanganan pandemi Covid-19, Pemprov juga berharap, sistem perekonomian tetap bisa berjalan dalam upaya pemulihan ekonomi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. (FK/FAK).

Read 949 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us