Pasokan Vaksin Covid-19 tiba dan kegiatan distribusi vaksin di Sulsel  dilanjutkan. (Foto : Dok Humas Pemrov Sulsel). Pasokan Vaksin Covid-19 tiba dan kegiatan distribusi vaksin di Sulsel dilanjutkan. (Foto : Dok Humas Pemrov Sulsel).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha MK

Makassar (Phinisinews.com)  – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali terus menyalurkan vaksin Covid-19 ke kabupaten dan kota, awal Agustus ini (1/8), setelah menerima pasokan stok vaksin dari pemerintah pusat (30/7).

Sebanyak 3.730 vial vaksin Moderna dan 3.896 vial vaksin Sinovac diterima Sulsel. Stok vaksin sempat menipis empat hari sebelum pasokan dari pemerintah pusat kembali diterima, demikian release Humas Pemprov Sulsel yang diterima di Makassar, Senin.

Menipisnya stok vaksin karena pemerintah provinsi gencar menggelar vaksinasi massal, serta besarnya antusiasme masyarakat Sulsel untuk mengikuti program vaksinasi.

“Hari ini kita mulai lagi menyalurkan vaksin setelah tibanya pasokan vaksin tersebut. Atas usul Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, kita cepat antisipasi dan salurkan,” kata Plt Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammadong.

Vaksin ini distibusikan terutama bagi daerah episentrum wilayah dan perkotaan. Namun, kabupaten/kota lainnya juga mendapatkan jatah vaksin.

“Sudah ada tiga kabupaten kita distribusikan saat ini. Kabupaten Tana Toraja, Luwu Utara dan Bone. Kami sudah sampaikan ke setiap kabupaten kota, nanti mereka yang akan datang ambil sesuai dengan jatahnya. Kami minta mereka secepatnya,” ujarnya.

Muhammadong menyatakan, distribusi vaksin sesuai janji dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan, akan lancar mulai awal Agustus. Sehingga ia meyakini dapat dilakukan percepatan vaksinasi dengan dukungan ketersediaan stok vaksin.

“Kami melakukan percepatan vaksinasi, apalagi pasca dicanangkannya gerakan Sulsel Kebut Vaksinasi. Ini terlihat tanda-tandanya sudah mulai lancar, sesuai janji yaitu mulai Agustus,” ucapnya. 

Selain vaksinasi massal, masyarakat juga terus diimbau menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tidak boleh kendur yakni wajib memakai masker untuk semua aktivitas, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir pada tempat yang berpotensi aktivitas masyarakat agak ramai. (FK/PR/MMK).

Read 934 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us