Pemerintah Kota Makassar mulai memberikan vaksin bagi Ibu Hamil untuk mencegah dan menanggulangi penularan covid-19. (Foto : Humas Pemkot Makassar). Pemerintah Kota Makassar mulai memberikan vaksin bagi Ibu Hamil untuk mencegah dan menanggulangi penularan covid-19. (Foto : Humas Pemkot Makassar).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha MK

Makassar (Phinisinews.com) - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail me-launching pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara simbolis bertempat di Puskesmas Kecamatan Tamalate Makassar, Jumat.

“Kita harap vaksinasi dapat merata agar masyarakat Kota Makassar dapat mencapai target herd immunity (kekebalan kelompok). Demikian pula dengan ibu hamil, mereka rentan dengan Covid-19, sehingga dengan adanya vaksinasi diharapkan imunitas tubuh dapat meningkat, sehingga terhindar dari paparan covid-19,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi covid-19.

Sesuai arahan dari Ketua TP PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian, meminta supaya kader PKK sebagai team penggerak di masyarakat, dan aktif mensosialisasikan vaksinasi.

“Secara resmi pencanangan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil ini dibuka, mudah-mudahan ke depan tercapai targetnya, pelaksanaannya lancar dan sukses, sehingga target percepatan vaksin di Makassar bisa terpenuhi serta bisa segera tercipta herd immunity untuk meminimalisir orang yang terpapar covid-19,” ujar Indira.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Camat Kec Tamalate, Fahyuddin AP, MH, beserta Ketua TP PKK Kecamatan Tamalate, Perwakilan Persatuan Obstetri dan ginekologi Makassar, dr Iriani Sp.Og, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Makassar, Emmilia Harnani, M.Kes, Pengurus TP PKK Kota Makassar, serta Lurah Kecamatan Tamalate.

Kegiatan launching ini dilanjutkan dengan peninjauan kegiatan vaksinasi, serta meninjau kondisi Puskesmas Tamalate, dan juga penyerahan bingkisan bagi ibu yang sedang hamil dan seluruh kegiatan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, memakai masker dan double masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalur yang fasilitasnya sudah disediakan serta tetap menjaga jarak.

Di Kota Makassar, dalam upaya penanggulangan dan pemulihan dari Pandemi Covid-19, Pemkot telah memiliki program “Makassar Recover” yang melibatkan semua komponen masyarakat dengan membentuk Tim Satgas, terdiri dari satuan tugas (Satgas) Tim Raika (Pengurai Kerumunan), Tim Hunter (deteksi OTG, Testing, Tracing dan Treatment), Tim Detector (deteksi OTG, deteksi penderita Covid, deteksi dari rumah ke rumah serta pencegatan di perbatasan wilayah) yang melibatkan ribuan tenaga kesehatan, pihak pengamanan TNI, Polri dan Satpol PP serta relawan. (FK/PR/MMK).

Read 935 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us