Dua Daerah Percontohan “Kembali Belajar Dengan Aman”

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan pilot project program kembali belajar dengan aman pada dua daerah di Sulsel yakni Kota Makassar dan Kabupaten Bone yang diinisiasi Unicef dan Pemerintah Jepang. (Foto : Humas Pemprov Sulsel). Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan pilot project program kembali belajar dengan aman pada dua daerah di Sulsel yakni Kota Makassar dan Kabupaten Bone yang diinisiasi Unicef dan Pemerintah Jepang. (Foto : Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha MK

Makassar (Phinisinews.com) – Kota Makassar dan Kabupaten Bone merupakan dua daerah yang menjadi pilot project (percontohan) Program “Kembali Belajar Dengan Aman” di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Ini merupakan program inisiasi dari UNICEF dan Pemerintah Jepang yang diselenggarakan bersama Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Kabupaten Bone,” kata Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat meresmikan program kembali belajar dengan aman di Makassar, Kamis.

Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut pembelajaran tatap muka di sekolah yang dapat dilaksanakan dengan aman, dengan menerapkan pola kebiasaan baru dan mendorong terpenuhinya hak anak atas pembelajaran bermutu, serta pemberian dukungan kesehatan dan psikososial.

Menurut Andi Sudirman, program kembali belajar dengan aman ini sebagai dukungan bersama bagaimana kita sekolah dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, yakni semua harus menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun di air mengalir  pada awal kegiatan dan akhir kegiatan sekolah.

Tentu kita sudah menimbang benefit, segala keuntungan yang kita dapat dengan anak-anak sekolah di sekolah langsung secara tatap muka, ujarnya.

Tentu, lanjutnya, program ini juga melihat regulasi yang sudah dibuat Pemerintah Provinsi dan program ini juga bertujuan untuk melihat kualitas pendidikan di Sulsel bisa kembali normal.

Kepala Kantor Perwakilan UNICEF Wilayah Sulawesi dan Maluku, Henky Widjaya mengatakan, program ini merupakan program lintas sektoral yang bertujuan untuk mendukung terlaksananya proses pembelajaran tatap muka yang aman dengan menerapkan pola kebiasaan baru.

UNICEF juga mendukung Pemerintah Provinsi Sulsel dalam pelaksanaan Pergub Nomor 71 Tahun 2020 terkait Rencana Aksi Percepatan Penanganan Anak Tidak Sekolah di 10 Kabupaten/Kota, yakni Kota Makassar, Kabupaten Luwu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Wajo, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Jeneponto.

Program ini, lanjutnya, difokuskan di 70 SD/MI di Kota Makassar dan Kabupaten Bone. Kegiatan ini juga turut dihadiri Wali Kota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto, Kepala Konsuler Jepang di Makassar Yasue Katsunobu, dan Consellor Bidang Ekonomi Kedutaan Jepang Republik Indonesia Shimizu Kazuhiko. 

Di seluruh kabupaten/kota di Sulsel, pembelajaran tatap muka untuk SD, SMP dan SMA dilakukan dengan kebijaksanaan Walikota dan Bupati yang sangat mengetahui kondisi pandemi covid-19 di daerahnya.

Ada yang menamakan program pembelajaran tatap muka, tatap muka terbatas dan lainnya yang seluruhnya disertai pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat, pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir serta wajib vaksin untuk kepala sekolah dan guru serta murid yang sudah memenuhi syarat serta kehadirannya di sekolah tatap muka harus seizin orang tua atau wali. (FK/MMK).

Read 830 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us