Kota Makassar menuju level satu kini melakukan layanan vaksinasi “door to door” untuk masyarakat lanjut usia (lansia) 55 tahun ke atas. (Foto : Dok Humas Pemkot Makassar). Kota Makassar menuju level satu kini melakukan layanan vaksinasi “door to door” untuk masyarakat lanjut usia (lansia) 55 tahun ke atas. (Foto : Dok Humas Pemkot Makassar).
 

Penulis : Fred K  /  Editor : Fyan AK

Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Kota Makassar menuju level satu dengan mulai melakukan vaksinasi “door to door” yang sasaran utamanya masyarakat lanjut usia 55 tahun ke atas.

Layanan vaksinasi dari rumah ke rumah (door to door) dilakukan Pemkot Makassar dengan menggandeng Dandim 1408/BS menuju target 100 persen vaksinasi, sekaligus menjaga kekebalan imunitas secara menyeluruh warga Kota Makassar, kata Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto setelah melakukan rapat koordinasi dengan Dandim beberapa hari sebelumnya, di Makassar, Kamis.

Kota Makassar yang kini telah berada di level dua kian gencar melaksanakan vaksinasi untuk menjaga kekebalan imunitas warganya. Setelah program vaksinasi pelajar di masing-masing sekolah juga program 100.1.100 digencarkan, kini bersama Dandim 1408/BS melakukan vaksinasi door to door.

Selain itu, lanjutnya, protokol kesehatan juga terus dilakukan secara ketat dan dengan pengawasan yang ketat pula, yakni masyarakat harus tetap menggunakan masker untuk semua kegiatan, tidak boleh kendur, begitu juga terus menjaga jarak dan menghindari kerumunan di semua area berkegiatan serta membudayakan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum dan setelah beraktivitas dimanapun itu.

Wali Kota Ramdhan Pomanto bersama Dandim Kol Kav Dwi Irbaya Sandra telah sepakat akan menyisir rumah warga untuk melakukan vaksinasi bagi lansia sebab lansia ini tingkat vaksinasinya masih rendah.

“Vaksinasi di Makassar sudah mencapai 75 persen dan untuk mencapai 100 persen rata-rata didominasi usia 55 tahun ke atas, saya meminta SKPD terkait  memberikan datanya siapa saja rumah yang memiliki lansia agar segera didatangi untuk melakukan vaksinasi,” ucap Walikota.

Selain itu, dia juga meminta agar warga yang belum melakukan vaksinasi kedua, agar menjadi sasaran vaksinasi bersamaan dengan usia lansia.

“Satu kali jalan itu bisa vaksinasi lansia dan vaksinasi kedua bagi warga yang belum vaksin. Data yang sangat dibutuhkan agar tidak ada salah komunikasi di lapangan. Peranan RT/RW di sini juga sangat diharapkan,” ujar.

Dandim 1408/BS, Dwi Irbaya Sandra mengatakan pihaknya akan siap membantu Pemerintah Kota Makassar dalam menyukseskan program vaksinasi ini.

“Bersama-sama dan bersinergi dengan Pemkot untuk menuntaskan vaksinasi. Usia lansia ini yang menjadi tugas bersama mengingat edukasi perlu disampaikan lalu kemudian mengajak vaksinasi dari rumah ke rumah,” ucapnya. 

Kekebalan kelompok (herd immunity) diharapkan segera dapat direalisasi, agar warga Makassar bisa mencapai 100 persen suntik vaksin, sehingga Makassar berpeluang turun ke level satu. (FK/Q/FAK).

Read 81 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Ahmad I  /  Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Upaya pelestarian budaya secara...
  Penulis : Mitha MK  /  Editor : Ahmad I Makassar (Phinisinews.com) – Direktur Eksekutif Phinisi Pers...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I Makassar (Phinisinews.com) – Ketua Umum Dewan Ekonomi Indonesia Timur...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I Jakarta (Phinisinews.com) – Ketua Umum Dewan Ekonomi Indonesia Timur...

Get connected with Us