Makassar (Phinisinews) - Satu-satunya Guru Besar Ilmu Antropologi Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Darman Manda, MHum, sejak 11 Januari 2013 terpilih menjadi Ketua Prodi S2 IPS PPs-UNM periode 2013-2017.
       
Pria yang dibesarkan di Barru ini,  menggantikan ketua sebelumnya, Prof Dr Andi Agustang, MSi yang menduduki posisi baru sebagai Ketua KPS S3 Ilmu Sosiologi PPs-UNM.
      
Surat penugasan selaku ketua KPS sesuai SK No 267/UN36.8/TU/2013,  tertanggal 12 Januari 2013 ditandatangani Direktur PPs-UNM, Prof Dr Jasruddin, MSi.  Sebelum SK itu keluar dilakukan rapat pemilihan KPS pada 11 Januari dihadiri ketua 20 prodi S2 dan S3 yang ada di PPs-UNM, pimpinan pasca, Dekan FIS UNM. Demikian ditegaskan Darman Manda di ruang kerjanya di Makassar, Sabtu.
       
Dia menjelaskan, prodi S2 membina tujuh prodi yakni pendidikan sosiologi, pendidikan antropologi, pendidikan sejarah, pendidikan hukum/PKN, pendidikan administrasi umum, pendidikan ekonomi, IPS PGSDAN.
      
Jumlah mahasiswa mencapai sekitar 200 orang. Para mahasiswa itu mayoritas adalah guru-guru berasal dari Kawasan Indonesia Timur. Tugas berat ke depan ungkap mantan Ketua Prodi Ilmu Antroplogi FIS UNM ini, mempertahankan akreditasi A yang diraih Prodi S2 IPS, diperoleh ketika prodi dipimpin Prof Dr Andi Agutang, MSi.
      
Mempertahankan predikat itu ungkap doktor antropologi  PPs UNHAS ini, akan meningkatkan proses pembelajaran serta melakukan komunikasi dengan mantan ketua prodi S2 IPS sebelumnya. Tradisi akademik terus digairahkan dengan mendorong civitas akademika melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah pada jurnal terakreditasi. Selain itu juga akan menerbitkan jurnal ilmiah.
            
Darman Manda lahir di Polewali 3 Januari 1965. Tamat SD dan SMP di Barru. Tamat SMA 5 Makassar 1984. Sarjana sejarah FPIPS IKIP Ujung Pandang 1989.  S2 Universitas Padjadjaran Bandung 1996. Short Course, La Trobe University, Bendigo Victoria  Australia, tahun 1997.  S3 Universitas Hasanuddin 2007.

(Sumber: M Yahya Mustafa)
Read 2741 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Mitha MK / Editor : Fyan AK     Pulau Kodingareng, Makassar (Phinisinews.com) - Rektor Universitas...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Sebanyak 120 kantong darah...
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...

Get connected with Us