NA : Masa Pandemi, Sektor Pertanian Bisa Topang Ekonomi

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Menanam Bibit Buah di Desa Wisata Kabupaten Maros, Sulsel. (Foto Humas Pemprov Sulsel). Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Menanam Bibit Buah di Desa Wisata Kabupaten Maros, Sulsel. (Foto Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis : Fred Kuen / Editor : Mitha K

Maros, Sulsel (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah (NA) mengatakan, di masa Pandemi Covid-19 ini, salah satu yang bisa menopang ekonomi kita ke depan adalah sektor pertanian.

“Kebetulan desa wisata ini adalah daerah yang sangat subur sehingga cocok ditanami dengan tanaman bernilai ekonomi tinggi,” kata Gubernur Nurdin Abdullah saat memotivasi dan mengajak masyarakat di daerah Desa Wisata Pucak, Kabupaten Maros, Sulsel, Minggu, menanam tanaman buah-buahan yang  memiliki potensi pasar jelas.

Desa Wisata Pucak, berada di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulsel, yang dapat ditempuh selama satu jam dengan kendaraan umum dari Kota Makassar. Daerah ini memiliki curah hujan mendukung, sumber airnya banyak, sehingga lahan yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan sektor pertanian.

Gubernur bersama istri, Lies Nurdin, tidak hanya memotivasi, namun langsung memberi contoh dengan melakukan penanaman bibit buah buahan di kebun pribadinya di daerah tersebut dengan berbagai jenis tanaman seperti bibit durian musang king, durian montong, durian lokal, rambutan, manggis, sukun, aneka macam bibit mangga dan nangka. 3,5 tahun ke depan, tanaman ini dapat dipanen.

Tanaman buah, khusus tanaman sukun juga dapat dikembangkan di daerah lembah di kawasan ini, di samping bisa memanen buah-buahan, juga berfungsi sebagai  kawasan konservasi, sekaligus Desa Wisata Pucak ini nanti akan menjadi taman buah, sehingga masyarakat tidak hanya ke mall pada saat hari libur (week end), melainkan ada alternatif sehat berwisata ke kebun buah.

Menurut dia, perkebunan pribadinya ini sekaligus dijadikan sebagai kebun percontohan, dilengkapi sarana pendukung dengan membangun bendungan penampung air di dalam lokasi perkebunan.

Gubernur Nurdin Abdullah selain karena basic keilmuannya sebagai ahli, dia juga  dikenal hobi berkebun. Sehingga dia berharap kebun pribadinya ini juga memberi manfaat kepada warga sekitarnya.

Langkah ini juga diikuti warga sekitar dengan semakin banyak warga Kecamatan Tompobulu, Maros, yang aktif menanam bibit pohon buah-buahan, mengikuti jejak Nurdin Abdullah. 

“Saya mengimbau kepada masyarakat seluruh Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan, mari kita optimalkan lahan yang kita miliki walaupun sejengkal, tetapi bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian keluarga,” ucap Gubernur. (FK/R-HMS/MK).

Read 65 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Walau masih dalam masa pandemi...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...

Get connected with Us