Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdulah. (Foto : Dok Humas Pemprov Sulsel). Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdulah. (Foto : Dok Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K

Makassar (Phinisinews.com) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah menyatakan masyarakat yang ke Tempat Pemungutan Suara (9/12) wajib melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, karena pemilu serentak ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.

“Pilkada kali ini kita masih dalam suasana Pandemi Covid-19. Apalagi kecenderungan kasus ini terus naik. Oleh karena itu, siapa yang bisa melindungi masyarakat, kecuali masing-masing kita sendiri, termasuk pasangan calon,” kata Gubernur Nurdin Abdullah, setelah memimpin rapat evaluasi Satgas Penanganan Covid-19 Sulsel, H-1 Pilkada, di Makassar, Selasa.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk ke TPS memberikan suaranya dengan protokol kesehatan ketat. Jangan lupa menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, setelah selesai pencoblosan langsung kembali ke rumah masing-masing, dan hindari kerumunan.

“Saya prihatin bahwa kondisi kita sekarang memberikan kecenderungan positif Covid-19 yang terus naik,” ujarnya.

Kendati demikian, dia sangat yakin, pengendalian Covid-19 ini bisa diatasi. Apalagi, kita semua kompak menjalankan protokol kesehatan secara ketat, dimanapun berada.

“Tingkat kematian terus turun, tetapi memang kasusnya naik. Rata-rata OTG (orang tanpa gejala), karena rumah sakit kita masih di bawah 50 persen okupansinya dan baru 30 persen yang terisi,” ucapnya.

Protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat di tempat-tempat keramaian. Seperti, warkop (warung kopi), cafe, mall, dan mengurangi perkumpulan dalam jumlah banyak. Pihak warkop, cafe, dan mall, harus ikut serta dalam melakukan pengawasan secara ketat protokol kesehatan.

“Insyaallah pengendalian Covid-19 akan terus diupayakan. Tetapi satu kata kunci, masyarakat harus patuh, harus disiplin. Kepada seluruh pengelola restoran, cafe, warkop, untuk ikut mengawasi semua yang datang, dan wajib pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir,” ujar Gubernur. (FK/H-HMS/MK).

Read 83 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Rifan  /  Editor : Fred Kuen Makassar (Phinisinews.com) – Universitas Negeri Makassar (UNM)...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K  Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...

Get connected with Us