Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah secara simbolis menyerahban 50 unit rumah hunian tetap bagi korban banjir Masamba, Luwu Utara (30/12). (Foto : Humas Pemprov Sulsel). Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah secara simbolis menyerahban 50 unit rumah hunian tetap bagi korban banjir Masamba, Luwu Utara (30/12). (Foto : Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K

Luwu Utara, Sulsel (Phinisinews.com) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah menyerahkan 50 unit rumah hunian tetap (Huntap) kepada korban banjir bandang, di Masamba, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulsel, Rabu (30/12).

“Jangan terlalu lama masyarakat menunggu untuk mendapatkan bantuan rumah. Lalu saya bicarakan dengan Bupati Lutra, Ibu Indah agar kita lanjutkan, kalau tidak salah di sini masih butuh 200 unit huntap. Jadi lanjutkan saja sesuai kemampuan lahan, saya tidak mau menyebut nilai tapi sesuai kemampuan lahan dan kemampuan membangun,” ujar Gubernur.

Dia menjelaskan, selama dua tahun memimpin Sulsel selalu menempatkan diri sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dan Pemprov Sulsel selalu berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten-kota se-Sulsel.

“Sudah dua tahun lebih menjalankan amanah sebagai Gubernur tentu saya menempatkan diri sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Jadi tidak bersaing membangun dengan bupati, tetapi mendukung penuh para bupati,” katanya.

“Sehingga jangan pernah ragu kalau ada sesuatu yang harus Pemprov turun tangan, Insyaallah kami turun tangan. Hari ini saya tidak paham rumah seperti ini bisa dibangun dengan cepat yakni 68 hari dengan harga yang sangat murah serta kualitas baik,” ucapnya tanpa merinci angka.

Menurut Gubernur, 50 unit huntap ini merupakan upaya yang sangat luar biasa dari Bupati Luwu Utara dan seluruh Forkopimda Luwu Utara. Dan yang paling, penting bantuan dari berbagai pihak sehingga huntap tersebut bisa berdiri kokoh.

“Ini adalah upaya sangat luar biasa Ibu Bupati menghadirkan huntap. Kewajiban pemerintah adalah harus  ada dan berbuat di saat ada masalah di masyarakat,” ujar Gubernur.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyatakan kesyukurannya atas bantuan dan kehadiran Gubernur Sulsel dalam penyerahan huntap tersebut kepada penerima manfaat.

“Alhamdulillah kita bersyukur Bapak Gubernur sempatkan hadir untuk serah terima 50 unit rumah yang dibangun untuk korban bencana banjir bandang beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Menurut Indah, kehadiran Gubernur Sulsel pada acara penyerahan Huntap tersebut karena panggilan kemanusiaan, sebab dirinya hanya mengundang melalui WhatsApp.

“Alhamdulillah hanya modal WhatsApp beliau langsung merespon. Hari ini beliau hadir dan Selama dua  tahun terakhir ini, bila Gubernur Nurdin Abdullah berkunjung ke Lutra, selalu ada bonus dari Pak Gubernur untuk daerah ini,” ujar Bupati Indah.

General Manager Project PT. Tata Logam Lestari yang mendesain rumah domus atau rumah permanen instan, Krisna Dewanty mengatakan, pengerjaan huntap ini  hanya 68 hari kerja. Sebanyak 50 unit huntap ini dikerjakan mulai 13 Oktober 2020, sampai selesai sesuai dengan kontrak kerja 22 Desember 2020.

Selama kegiatan penyerahan huntap, seluruh peserta melaksanakan protokol kesehatan secara ketat yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir pada fasilitas yang disediakan di tempat itu. (FK/R-HMS/MK).

Read 271 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred K  /  Editor : Fyan AK Makassar (Phinisinews.com) – Sebanyak 500 orang pelajar sekolah...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Kota Makassar terus melakukan...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Fyan AK Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan...

Get connected with Us