Sepak Bola: UEFA Menunda Euro 2020 Selama Satu Tahun Karena Coronavirus

 

Phinisinews.com. Kejuaraan Eropa, yang akan dimainkan pada Juni dan Juli tahun ini, telah ditunda hingga 2021 karena pandemi coronavirus, kata badan pengatur sepak bola Eropa UEFA, Selasa (17 Maret).

UEFA mengatakan tanggal yang diusulkan baru untuk turnamen adalah 11 Juni hingga 11 Juli tahun depan, karena Euro 2020 menjadi Euro 2021.

Dikatakan penundaan itu akan "akan membantu semua kompetisi domestik, saat ini ditahan karena darurat COVID-19, akan selesai".

Pengumuman itu muncul setelah UEFA mengadakan pembicaraan krisis dengan asosiasi nasionalnya serta klub dan badan pemain melalui konferensi video, ketika benua itu berjuang untuk menangani krisis kesehatan.

"Kesehatan semua orang yang terlibat dalam permainan adalah prioritas, serta untuk menghindari tekanan yang tidak perlu pada layanan publik nasional yang terlibat dalam pertandingan pementasan," kata UEFA dalam sebuah pernyataan.

Sebagian besar liga domestik Eropa terhenti selama sepekan terakhir karena sepakbola menghadapi masalah terbesarnya di zaman modern.

Eropa telah menjadi pusat pandemi coronavirus, dengan Perancis pada hari Selasa bergabung dengan Italia dan Spanyol dalam menerapkan tindakan penguncian yang ketat dan para pemimpin Eropa juga berencana untuk melarang semua perjalanan yang tidak penting ke benua itu.

Lebih dari 2.100 orang tewas di Italia, yang seharusnya menjadi tuan rumah pertandingan pembuka Euro 2020 di Roma.

Liga Champions UEFA dan kompetisi Liga Eropa untuk klub telah ditangguhkan, dengan keduanya masih dalam babak 16 besar, tetapi menunda Kejuaraan Eropa berarti mereka, bersama dengan liga nasional, akan memiliki kesempatan untuk diselesaikan, dengan asumsi pembatasan perjalanan dicabut. pada waktunya.

'DUKUNGAN LENGKAP' UNTUK PERUBAHAN

UEFA telah membentuk kelompok kerja yang melibatkan liga dan klub yang akan mencoba membuat kalender pertandingan baru agar musim dapat diselesaikan.

Dua puluh dari 24 negara yang ditetapkan untuk mengambil bagian dalam Euro telah lolos, tetapi play-off untuk menentukan empat peserta terakhir, yang akan dimainkan bulan ini, telah ditunda.

UEFA mengatakan pertandingan-pertandingan itu, dan pertandingan persahabatan terjadwal lainnya, sekarang akan dimainkan pada bulan Juni "tergantung dari tinjauan situasi."

Setara dengan Amerika Selatan dari Euro, Copa America, juga dijadwalkan untuk Juni dan Juli ini, juga telah ditunda satu tahun, memastikan pemain yang berbasis di Eropa akan bebas untuk menyelesaikan musim dengan klub mereka.

Langkah itu disambut oleh asosiasi nasional di negara-negara yang saat ini memerangi pandemi.

"Kesehatan dan kesejahteraan rakyat harus menjadi perhatian utama bagi kita semua, jadi kami sepenuhnya mendukung keputusan UEFA untuk menunda EURO 2020," kata CEO FA Inggris, Mark Bullingham.

Sementara itu, Presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF) Noel Le Graet memberi penundaan itu "dukungan penuh", menyebutnya sebagai "keputusan yang bijaksana dan pragmatis".

EFEK KNOCK-ON

Euro 2020 dijadwalkan akan diadakan di 12 negara. Tidak ada saran format atau jumlah venue akan berubah.

Semifinal dan final seharusnya dimainkan di London dan akan ada efek knock-on yang cukup besar dari penundaan tersebut - Kejuaraan Eropa wanita dijadwalkan berlangsung mulai 7 Juli hingga 1 Agustus tahun depan di Inggris, dengan final di Wembley .

UEFA juga berencana menggelar Euro U-21 di Hongaria dan Slovenia pada Juni tahun depan.

Memindahkan Euro satu tahun juga menempatkan UEFA pada jalur tabrakan dengan badan sepak bola dunia FIFA, yang presidennya Gianni Infantino telah merencanakan untuk menggelar edisi perdana Piala Dunia Klub yang sangat menguntungkan pada Juni dan Juli tahun depan di Cina.

Namun, Infantino mengindikasikan dalam sebuah surat terbuka pada hari Senin bahwa FIFA akan "mencari solusi tepat waktu dalam semangat kerja sama, dengan mempertimbangkan kepentingan sepak bola di semua tingkatan".

Presiden UEFA Aleksander Ceferin berterima kasih kepada Infantino atas intervensinya dan karena mengatakan FIFA akan melakukan "apa pun yang diperlukan untuk membuat kalender baru ini bekerja".

"Dalam menghadapi krisis ini, sepakbola telah menunjukkan sisi terbaiknya dengan keterbukaan, solidaritas dan toleransi," kata Ceferin.

Sedangkan untuk kompetisi klubnya, UEFA masih bisa mengambil keputusan untuk mencoba menyelesaikan Liga Champions dan Liga Eropa dengan membatasi kompetisi, yang berarti hubungan hingga semi-final dapat diputuskan dalam pertandingan satu kali.

Laporan pada hari Selasa mengindikasikan kedua turnamen dapat berakhir dengan pertemuan 'Final Four' di kota tuan rumah yang dijadwalkan - Istanbul untuk Liga Champions dan Gdansk di Polandia untuk Liga Eropa.

Sumber: AFP/CNA

Read 316 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Sport News
Login to post comments

Galleries

 
    Penulis : Fred K Editor : Redaksi   Makassar (Phinisinews.com) - Notaris PPAT, Nini Savitry menyatakan...
  Penulis : Ahmad Imron Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Direktur Eksekutif Phinisi Pers Multimedia...
  Penulis: Fred K Editor: Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) - Majelis Raja Agung Sultan (MARS) Indonesia Wilayah...
Penulis : Fred K Editor : Mitha MK   Makassar (Phinisinews.com) - Pelatihan Pajak online yang dilakukan Kantor...

Get connected with Us