Phinisinews.com.Copa America tahun ini telah ditunda hingga 2021 karena kekhawatiran akan penyebaran coronavirus, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengatakan pada hari Selasa.

Turnamen 12-tim, yang semula dijadwalkan pada 12 Juni-12 Juli di Kolombia dan Argentina, mengikuti Kejuaraan Eropa 2020 karena didorong mundur setahun dengan olahraga global terhenti karena wabah coronavirus.

"Ini adalah tindakan luar biasa untuk situasi tak terduga dan menanggapi kebutuhan mendasar untuk menghindari evolusi virus secara eksponensial," kata presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez.

Dominguez mengatakan turnamen yang dijadwalkan ulang akan dimainkan antara 11 Juni dan 11 Juli 2021.

"Tidak mudah untuk mengambil keputusan ini, tetapi kami harus menjaga kesehatan para pemain kami sepanjang waktu dan semua yang merupakan bagian dari keluarga besar sepakbola Amerika Selatan," tambahnya.

"Jangan ragu bahwa turnamen internasional tertua di dunia akan kembali lebih kuat dari tahun 2021."

Copa America adalah salah satu hasil imbang terbesar dalam kalender sepakbola, dengan pemain seperti Lionel Messi, Neymar, Sergio Aguero, Luis Suarez, dan James Rodriguez diperkirakan akan ambil bagian.

Final Euro 2020, yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal yang sama di 12 negara di Eropa, juga ditunda selama setahun.

Copa tahun ini dijadwalkan akan diadakan di dua negara untuk pertama kalinya dalam 104 tahun sejarahnya, dengan grup utara ditetapkan untuk Kolombia dan grup selatan akan dimainkan di Argentina.

Selain 10 negara Amerika Selatan, Australia dan Qatar juga diundang.

Kelompok utara terdiri dari Kolombia, Brasil, Ekuador, Venezuela, Peru dan Qatar. Kelompok selatan menampilkan Argentina, Bolivia, Uruguay, Paraguay, Chili dan Australia.

Turnamen dijadwalkan akan dimulai di Buenos Aires pada 12 Juni, dengan final di Barranquilla, Kolombia pada 12 Juli.

Edisi 2020 ditetapkan sebagai yang keempat dalam enam tahun tetapi organisasi serampangan yang melihatnya bermain begitu sering akan segera berakhir ketika CONMEBOL mencoba untuk menyesuaikannya dengan Kejuaraan Eropa.

Turnamen tahun ini seharusnya menjadi yang terakhir hingga 2024 karena menjadi acara empat tahunan reguler.

Brasil memenangkan trofi untuk kesembilan kalinya pada 2019.

Dominguez kemudian mengatakan CONMEBOL dapat menggunakan tanggal Copa untuk memulai kualifikasi Piala Dunia Amerika Selatan yang akan dimulai minggu depan tetapi dibatalkan karena ketakutan virus.

Dia juga mengatakan kepada ESPN Argentina bahwa dia berharap Copa Libertadores, setara dengan Liga Champions UEFA di Amerika Selatan, dapat memulai kembali pada 6 Mei.

CONMEBOL menangguhkan Libertadores dan Copa Sudamericana pekan lalu.

(Pelaporan oleh Andrew Downie; Editing oleh Pritha Sarkar dan Ken Ferris)

Sumber: Reuters

Read 256 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Sport News
Login to post comments

Galleries

 
    Penulis : Fred K Editor : Redaksi   Makassar (Phinisinews.com) - Notaris PPAT, Nini Savitry menyatakan...
  Penulis : Ahmad Imron Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Direktur Eksekutif Phinisi Pers Multimedia...
  Penulis: Fred K Editor: Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) - Majelis Raja Agung Sultan (MARS) Indonesia Wilayah...
Penulis : Fred K Editor : Mitha MK   Makassar (Phinisinews.com) - Pelatihan Pajak online yang dilakukan Kantor...

Get connected with Us