Biarkan Khabib Beristirahat Biarkan Khabib Beristirahat
 

Penulis : Ahmad Imron / Editor : Fred Kuen

Abu Dhabi (Phinisinews.com) - Presiden UFC, Dana White, meminta publik untuk menghormati keputusan Khabib Nurmagomedov pensiun sebagai petarung MMA dan UFC.

Khabib memutuskan pensiun seusai mengalahkan Justin Gaethje pada pertarungan utama UFC 254 yang berlangsung sangat emosional di Uni Emirat Arab, Minggu (25/10).

Khabib pensiun dengan rekor tidak terkalahkan 29-0 di mana 13 di antaranya didapat saat bertarung pada ajang UFC. Selain itu, Khabib Nurmagomedov meninggalkan Oktagon dengan mempertahankan sabuk juara lightweight atau kelas ringan UFC.

Khabib, yang kini masih berusia 32 tahun, sudah berjanji kepada ibunya bahwa duel melawan Justin Gaethje adalah pertarungan terakhirnya.

Khabib mengucapkan janji itu karena sang ibu meminta dirinya tidak lagi bertarung tanpa didampingi oleh mendiang ayahnya, Abdulmanap.

Menanggapi keputusan Khabib, Dana White tidak bisa berbuat banyak dan memilih menghormatinya. Dana White juga meminta publik untuk sementara waktu tidak mengganggu Khabib yang kini sedang mengalami masa-masa sulit.

"Saya percaya," kata Dana White ketika ditanya apakah dirinya percaya dengan keputusan Khabib pensiun seperti dikutip dari situs MMA Fighting.

"Biarkan dia (Khabib Nurmagomedov) beristirahat. Biarkan dia memulihkan diri," ucap Dana White.

"Bukan secara fisik, biarkan Khabib memulihkan sisi emosionalnya. Dia telah mengalami banyak hal sejak kehilangan ayahnya," tutur Dana White menambahkan.

"Saya sudah berkata sebelumnya, kita semua sangat beruntung bisa menyaksikan Khabib bertarung hari ini," ucapnya.

Duel melawan Gaethje menjadi pertarungan pertama Khabib tanpa didampingi oleh sosok ayah, sekaligus pelatihnya, Abdulmanap Nurmagomedov.

Sebelum meninggal dunia, kesehatan Abdulmanap Nurmagomedov sudah mulai menurun dan harus dirawat di rumah sakit sejak April 2020.

Faktor kesehatan Abdulamanap itulah yang menjadi salah satu alasan Khabib memutuskan mundur dari UFC,  selain karena pandemi virus corona yang membuat bepergian dengan jalur udara sangat sulit.

Khabib mundur dan langsung pulang ke Rusia untuk mendampingi ayahnya dua pekan sebelum UFC 249 yang dihelat pada 10 Mei 2020.

Khabib saat itu dijadwalkan bertarung melawan petarung asal Amerika Serikat, Tony Ferguson. Keputusan Khabib mundur kemudian langsung membuat UFC menunjuk Justin Gaethje sebagai petarung pengganti.

Tampil dengan pemberitahuan singkat, Gaethje justru dapat mengalahkan Tony Ferguson secara impresif. Justin Gaethje pun berhak menghadapi Khabib pada UFC 251 yang awalnya akan dihelat September 2020.

Namun, partai itu harus ditunda sampai Oktober karena Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia pada 3 Juli 2020.

Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia karena komplikasi penyakit termasuk salah satunya Covid-19. Kepergian Abdulmanap langsung memukul Khabib yang sedang dalam persiapan untuk menghadapi Justin Gaethje.

Khabib saat itu membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk merelakan kepergian ayahnya hingga akhirnya kembali berlatih.

Meski harus bertarung tanpa didampingi Abdulmanap, Khabib berhasil tampil dominan saat mengalahkan Gaethje dan menutup kariernya dengan rekor sempurna. (*).

Berita ini telah disiarkan Kompas.com dengan judul "Presiden UFC: Biarkan Khabib Nurmagomedov Beristirahat", 25.10.2020.

Read 62 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Sport News
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Walau masih dalam masa pandemi...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...

Get connected with Us