Bupati Sinjai menyerahkan bantuan 19 unit hand tractor untuk kelompok tani di dua kecamatan di Sinjai, Sulsel. (Foto : Humas Pemkab Sinjai). Bupati Sinjai menyerahkan bantuan 19 unit hand tractor untuk kelompok tani di dua kecamatan di Sinjai, Sulsel. (Foto : Humas Pemkab Sinjai).
 

Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K

Sinjai, Sulsel (Phinisinews.com) – Bupati Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Andi Seto Asapa, SH, LLM di masa Pandemi Covid-19 menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 19 unit hand tractor (traktor tangan) kepada kelompok tani di Kecamatan Sinjai Timur dan Kecamatan Tellulimpoe di Sinjai, Jumat.

Penyerahan bantuan alsintan di tempat kelompok tani tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat yakni semua yang hadir menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, sedangkan alsintan yang diserahkan sebanyak delapan unit untuk Kecamatan Sinjai Timur dan 11 unit untuk Kecamatan Tellulimpoe dari 50 unit hand tractor bantuan Kementerian Pertanian untuk petani Kabupaten Sinjai.

Bupati Andi Seto mengatakan, bantuan hand tractor ini diharapkan mampu menunjang petani untuk mencapai hasil panen yang optimal.

Melalui bantuan alsintan ini, lanjutnya, diharapkan juga terjadi alih teknologi dalam peningkatan intensitas pertanaman. Kemudian yang paling penting bantuan alsintan ini tidak disalah fungsikan untuk pribadi atau perorangan saja.

“Bantuan ini sifatnya milik bersama, bukan milik orang per orang. Karena milik bersama, maka saya harapkan bantuan ini dipelihara dan dijaga dengan baik. Kita rawat agar masa pemakaiannya juga bertahan lama,” ujar Bupati.

Ketua Kelompok Tani Masagena, Desa Samaturue, Muh. Basir, saat menerima bantuan menyatakan sangat bahagia. Ini yang pertama bagi kelompok tani kami menerima bantuan alsintan.

“Saya mewakili kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas bantuan yang telah diberikan kepada kami selaku kelompok tani,” ucapnya.

Basir bersama kelompok tani lainnya berjanji akan merawat dan memelihara alsintan tersebut, sehingga bisa terus digunakan pengurus anggota kelompok tani yang ada.

“Tentu bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami dari kelompok tani. hand tractor ini sifatnya adalah bantuan, bukanlah untuk perorangan akan tetapi semua anggota kelompok harus merasakaan manfaatnya sebagaimana arahan Pak Bupati,” ujarnya. (FK/H-HMS/MK).

Read 86 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Rifan  /  Editor : Fred Kuen Makassar (Phinisinews.com) – Universitas Negeri Makassar (UNM)...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K  Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...
  Penulis : Fred Kuen  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan,...

Get connected with Us