Banner vaksinasi bagi masyarakat Kota Makassar di Mal GTC (Lippo Grup)  Tanjung Bunga Makassar. (Foto : Fred). Banner vaksinasi bagi masyarakat Kota Makassar di Mal GTC (Lippo Grup) Tanjung Bunga Makassar. (Foto : Fred).
 

Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha MK

Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Kota Makassar kini memanfaatkan aula utama (main hall) Mall GTC (Graha Tata Cemerlang – Lippo grup) Tanjung Bunga Makassar untuk melakukan vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat Kota Makassar dengan target 1.000 orang tervaksinasi setiap hari.

Pemantauan Pers di Makassar, Rabu, selama dua hari berturut-turut (13-14/7) kegiatan vaksinasi Covid-19 dilakukan bagi warga masyarakat Kota Makassar atas kerjasama Satuan Tugas (Satgas) Makassar Recover Pemkot Makassar dengan pengelola kawasan ekonomi bisnis dan pariwisata terpadu Tanjung Bunga PT GMTD (Gowa-Makassar Tourism Development) serta Mall GTC, yang dimulai pukul 08.00 Wita hingga selesai.

Sejak pukul 07.00 Wita, warga masyarakat sudah memenuhi pelataran parkir Mall GTC dan antri secara tertib dengan menjaga jarak, semua peserta vaksinasi maupun petugas menggunakan masker, lalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, lalu dilakukan pengecekan suhu tubuh saat memasuki aula utama mall tersebut.

Di aula utama tersebut semua sudah tertata rapih, mengingat hampir 10 kali tempat tersebut sudah digunakan oleh berbagai elemen masyarakat untuk tempat vaksinasi Covid-19.

Sejak pendaftaran ulang, tempat duduk antrian untuk pengecekan tekanan darah maupun wawancara sebelum penyuntikan vaksin tertata baik. Fasilitas penunjang juga sudah siap di tempat parkir, seperti beberapa unit mobil ambulans, mobil covid hunter, petugas kepolisian dan lainnya.

Selama dua hari pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat umum itu terpantau tertib dengan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk pemulihan Kota Makassar (Makassar Recover) dari pandemi Covid-19, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakilnya,  Fatmawati Rusdi sudah mencanangkan melakukan penyuntikan vaksin 1.000 orang per hari hingga target vaksinasi di Kota Makassar selesai.

Selain itu, untuk mendukung upaya pemulihan tersebut, Pemkot telah membentuk Satgas Makassar Recover yang bertujuan untuk memulihkan Kota Makassar dan warganya agar terbebas dari Pandemi Covid-19 yang terdiri dari tiga tim yang bekerja secara terpadu yakni Tim Raika, Tim Covid Hunter, serta Tim Detektor.

Tim Raika yaitu tim pengurai kerumunan yang menjalankan tugas siang dan malam, yang memantau kerumunan orang di tempat keramaian, termasuk di Mall, tempat wisata, cafe, restoran, warkop, tempat hiburan malam dan lainnya.

Tim Covid Hunter adalah tim yang  akan memburu dan mencari tahu siapa saja warga yang suspek hingga terkonfirmasi Covid-19 di Kota Makassar dengan tugas khusus bertujuan menekan penyebaran Covid-19 di kota ini serta tugas umum melakukan  Tracing (menelusuri), Testing (pengujian) dan Treatment (pengobatan/pemulihan).

Tiap tim dari Satgas Covid Hunter ini terdiri dari masing masing dua dokter, perawat, Satpol PP dan Polisi serta satu orang dari unsur TNI  di 153 kelurahan di penjuru Kota Makassar. Selain itu disiapkan juga 17 unit mobil ambulans Covid Hunter.

Di mobil itu ada antigennya, ada suplemennya yang akan diberikan kepada orang-orang yang suspek maupun orang yang berkontak erat degan suspek.

Sedangkan Tim Detektor juga melakukan tracing, pemeriksaan suhu tubuh, saturasi oksigen, denyut nadi, hingga tekanan darah warga masyarakat yang dilakukan dari rumah ke rumah (door to door) untuk melakukan pendektesian dini virus korona yang  melibatkan 15.306 personil, terdiri dari 10.000 orang relawan, 5.000 orang tenaga kesehatan (Nakes) dan 306 dokter yang bertugas di 153 Kelurahan dan melakukan tracing di 5.000 RT. (FK/MMK).

Read 118 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred K   /  Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Ketua Umum Dewan Ekonomi Indonesia...
  Penulis : Fred K   /  Editor : Fyan AK Makassar (Phinisinews.com) - Kota Makassar saat ini berstatus zona...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Kota Makassar secara resmi...
  Penulis : Fred K   /  Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Pemerintah Kota Makassar menetapkan...

Get connected with Us