Tim Vaksinasi “door to door” Polres Tana Toraja, Sulsel, tetap beraktivitas sekalipun sering dihadang tanah longsor untuk mencapai titik kumpul kegiatan suntik vaksin bagi warga masyarakat. (Foto : Dok Polres Tana Toraja). Tim Vaksinasi “door to door” Polres Tana Toraja, Sulsel, tetap beraktivitas sekalipun sering dihadang tanah longsor untuk mencapai titik kumpul kegiatan suntik vaksin bagi warga masyarakat. (Foto : Dok Polres Tana Toraja).
 

Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I

Tana Toraja, Sulsel (Phinisinews.com) - Tim vaksinasi “door to door” Polres Tana Toraja selama musim hujan sekarang ini, harus menerobos tanah longsor untuk menjangkau masyarakat yang akan divaksin.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu, SIK, MH, mengatakan, program layanan vaksinasi dari rumah ke rumah itu dalam rangka percepatan vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) di Kabupaten Tana Toraja, yang berjarak 315 kilometer dari Makassar (ibukota Provinsi Sulsel) atau sekitar 7-8 jam perjalanan menggunakan kendaraan umum atau pribadi melalui jalur darat.

Memasuki minggu kedua November 2021 Tim vaksinasi Polres Tana Toraja kembali merambah ke daerah pelosok, letaknya di Lembang Buntu Sisong, Kecamatan Makale Selatan, dengan jarak tempuh dua jam dari Mapolres Tana Toraja, demikian press release yang di terima, Kamis.

Ps. Kasi Dokkes Polres Tana Toraja, Aipda Yustina Kartika, Amk, yang mendampingi Tim vaksinasi mengatakan, selama dua minggu terakhir hujan terus mengguyur dan saat perjalanan sering terhalang karena jalan tertimbun longsor sehingga timnya harus melakukan pembersihan jalan terlebih dahulu agar dapat dilewati.

“Hari ini kami bersama tim vaksinasi door to door Polres Tana Toraja melaksanakan vaksinasi di daerah pelosok yaitu Lembang Buntu Sisong, namun dalam perjalanan kami sempat terhalang akibat tanah longsor dan bebatuan yang menutup sebagian badan jalan sehingga kami bersama tim melakukan pembersihan jalan agar sampai di lokasi,” ujarnya.

Selain tanah dan bebatuan yang menghalangi jalan, juga terdapat kabel listrik PLN yang melintas di jalan akibat longsor.

Walau sering terhalang longsor, tim vaksinasi mampu menerobos jalan dan menjangkau warga yang menanti untuk dilakukan vaksinasi dosis II, adapun jumlah warga yang berhasil divaksinasi sebanyak 161 orang di tempat itu. 

Di Tana Toraja, selain terus dilakukan percepatan vaksinasi, juga secara umum tetap dilaksanakan protokol kesehatan terhadap semua kegiatan masyarakat, yakni tetap memakai masker untuk semua kegiatan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta, membiasakan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir setiap memulai dan mengakhiri kegiatan, ujarnya.

Data dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Provinsi Sulawesi Selatan mencatat capaian vaksinasi covid-19 di Sulsel saat ini sebanyak 3.070.262 orang penerima dosis pertama atau 43,5 persen dari target 7.058.141 orang dan penerima dosis kedua sebanyak 2.012.463 orang atau 28,51 persen. (FK/Q/AI).

Read 79 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Ahmad I  /  Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Upaya pelestarian budaya secara...
  Penulis : Mitha MK  /  Editor : Ahmad I Makassar (Phinisinews.com) – Direktur Eksekutif Phinisi Pers...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I Makassar (Phinisinews.com) – Ketua Umum Dewan Ekonomi Indonesia Timur...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I Jakarta (Phinisinews.com) – Ketua Umum Dewan Ekonomi Indonesia Timur...

Get connected with Us