Kawasan wisata Sa’pak Bayo Bayo Sangalla, Tana Toraja, menjadi lokasi vaksinasi massal selama empat hari sambil berwisata dan bawa bulang sembako. (Foto : Dok Humas Pemkab Tana Toraja). Kawasan wisata Sa’pak Bayo Bayo Sangalla, Tana Toraja, menjadi lokasi vaksinasi massal selama empat hari sambil berwisata dan bawa bulang sembako. (Foto : Dok Humas Pemkab Tana Toraja).
 

Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I

Tana Toraja, Sulsel (Phinisinews.com) - Beragam cara pemerintah daerah untuk mempercepat realisasi capaian target vaksinasi covid-19 seperti di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, yang menawarkan warganya ikut vaksinasi sambil berwisata dan bawa pulang paket sembako.

“Ikut vaksinasi Covid-19 sambil berwisata lalu pulangnya bawa sembako adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam rangka menggenjot capaian vaksinasi covid-19,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja, Rospita Napa’ di Tana Toraja, sekitar 315 kilometer dari Makassar, ibukota Provinsi Sulsel, Sabtu.

Pemkab akan membagikan sembako kepada warga yang mengikuti vaksinasi massal yang akan digelar di Objek Wisata Religi Sa’pak Bayo-bayo, Lembang Saluallo, Kecamatan Sangalla Utara, selama empat hari, 21 – 23 November 2021.

Program vaksinasi massal ini dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk mencapai target kekebalan kelompok (herd immunity) pada akhir tahun 2021.

“Vaksinasi merupakan kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sehingga setiap warga yang mengikuti vaksinasi akan diberikan sembako,” ujarnya.

Kegiatan akan digelar pada Objek Wisata Religi Keluarga Kudus Nazaret Sa’pak Bayo-bayo karena sasarannya pemasaran destinasi wisata sehingga peserta vaksinasi juga bisa sambil berwisata dan pulangnya bawa sembako.

“Meski nanti sudah divaksin tetap harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat yakni memakai masker untuk semua kegiatan kemasyarakatan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta membiasakan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir pada saat memulai dan mengakhiri kegiatan dimanapun itu.

Melalui cara itu, semoga kehidupan sosial dan ekonomi kembali pulih, jika sudah terbentuk kekebalan kelompok,  yakni capaian vaksinasi minimal 70 persen dari jumlah penduduk atau 2/3 dari populasi penduduk sudah memiliki imunitas terhadap serangan virus corona tersebut.

Rospita menguraikan, saat vaksinasi massal ini, pemerintah Kabupaten Tana Toraja menyediakan dua jenis vaksin, yakni Sinovac dam Astrazeneca untuk dosis 1 dan 2.

Pemda Tana Toraja sangat mengharapkan kehadiran masyarakat yang belum divaksin pada kegiatan vaksinasi massal tersebut.

Tempat vaksinasi adalah obyek wisata Sa’pak Bayo Bayo Sangalla yang merupakan kawasan wisata alam, budaya, sejarah dan religi yang memiliki Taman Devosi untuk berdoa, tempat pemakaman kuno dimana masih tersimpan tulang-tulang dan tengkorak, selain itu terdapat gua kalumpini yang menyuguhkan pemandang khas di dalamnya serta hal menarik lainnya adalah cerita tentang Puang Sa'pak.


Lokasi Sa'pak Bayo Bayo dikelilingi bukit-bukit batu dan di belah sebuah sungai kecil dan membentang persawahan di sekitarnya membuat obyek wisata itu semakin natural.

Data dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Provinsi Sulawesi Selatan mencatat capaian vaksinasi covid-19 di Sulsel saat ini sebanyak 3.070.262 orang penerima dosis pertama atau 43,5 persen dari target 7.058.141 orang dan penerima dosis kedua sebanyak 2.012.463 orang atau 28,51 persen. (FK/Q/AI).

Read 287 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha K. Makassar (Phinisinews.com) - Rumah bersejarah Istana Jongayya di...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) - Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI...
  Penulis : Ahmad I  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP)...

Get connected with Us