Masyarakat Beramai Ramai Melakukan Vaksinasi Di Bantaeng

Beramai ramai masyarakat Kabupaten Bantaeng, Sulsel, melakukan vaksinasi untuk menghentikan pandemi covid-19. (Foto : Humas Pemkab Bantaeng). Beramai ramai masyarakat Kabupaten Bantaeng, Sulsel, melakukan vaksinasi untuk menghentikan pandemi covid-19. (Foto : Humas Pemkab Bantaeng).
 

Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I

Bantaeng, Sulsel (Phinisinews.com) – Warga masyarakat Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, dalam sepekan terakhir ini beramai-ramai melaksanakan vaksinasi di semua fasilitas layanan vaksinasi.

Kesadaran pentingnya percepatan vaksinasi tersebut terutama untuk mencapai herd Immunity (kekebalan kelompok) agar pandemi covid-19 dapat dihentikan serta terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat yakni memakai masker di semua aktivitas, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun di air mengalir untuk awal dan akhir semua kegiatan, termasuk saat melaksanalkan vaksinasi pertama dan kedua di semua pos layanan yang ada.

Selain itu, dari pemantauan lapangan di Bantaeng, sekitar 135 kilometer dari Makassar (ibukota Provinsi Sulsel), Selasa, percepatan immunisasi disambut antusias pasca keluarnya Instruksi Bupati Bantaeng No. 061/113/B.ORG/X/2021 tentang Penerapan sanksi administratif bagi sasaran wajib vaksin di Kabupaten Bantaeng yang tidak mengikuti vaksinasi covid-19 dan Surat Edaran Kapolres Bantaeng No. SE/13/XII/2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi.

Setelah itu, terlihat di berbagai pos layanan vaksinasi, tampak masyarakat berbondong-bonding memadati lokasi vaksinasi untuk melakukan vaksin pertama maupun kedua sesuai ketentuan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Andi Ihsan menanggapi fenomena  itu dengan rasa syukur karena tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi terus meningkat.

“Kami merasa bersyukur respon masyarakat yang begitu tinggi akhir-akhir ini menunjukkan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang hukum dan pentingnya vaksinasi covid-19 di masa pandemi saat ini,” ujarnya.

Kami optimistis, lanjutnya, dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat ini akan menjadi lokomotif menuju terwujudnya kekebalan kelompok (Herd Immunity) di Kabupaten Bantaeng di akhir Desember 2021.

Untuk mencapai status Herd Immunity setidaknya 70 persen masyarakat harus telah divaksin, sehingga pihaknya mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam upaya percepatan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Bantaeng.

“Terima kasih atas dukungan penuh Bupati Bantaeng, unsur Forkompinda, Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa/Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten hingga Desa/Kelurahan, Tenaga Kesehatan dan seluruh elemen yang berkontribusi positif dalam upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Bantaeng,” ucapnya.

Data sebelum terbitnya Instruksi Bupati Bantaeng, 6 Oktober 2021 yang di tanda tangani Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, capaian vaksinasi kabupaten ini berada di angka 43.827 orang (28,32 persen) untuk dosis pertama. dan 25.850 orang (16, 70 persen) untuk dosis kedua.

Dua bulan berselang, capaian vaksin meningkat drastis. Per tanggal 12 Desember 2021 capaian vaksinasi covid-19 dosis pertama mencapai 60.946 (39,38 persen) bertambah 17.119 orang untuk dosis 1, dosis dua mencapai 34.844 orang (22,51 persen) bertambah 8.994 orang. Total ada penambahan 26.113 orang yang sudah divaksin. (FK/Q/AI).

Read 193 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad Imron Makassar (Phinisinews.com) – Ketua Umum Dewan Ekonomi Indonesia...
  Penulis : Sol D Ling  /  Editor : Fred K Bandung (Phinisinews.com) – Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I Makassar (Phinisinews.com) - Pameran Temporer "Jejak Pangeran...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I Makassar (Phinisinews.com) - Dua kegiatan Trah (keturunan bangsawan)...

Get connected with Us