Salah seorang Lansia Tasikmalaya, Jabar, Ibu Diah (88 tahun) dari Desa Manggungjaya menerima bantuan dari Kemensos. (Foto : Sol). Salah seorang Lansia Tasikmalaya, Jabar, Ibu Diah (88 tahun) dari Desa Manggungjaya menerima bantuan dari Kemensos. (Foto : Sol).
 

Penulis : Solihin  /  Editor : Ahmad Imron

Tasikmalaya, Jawa Barat (Phinisinews.com) -  Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-26, Minggu (29/5) dipusatkan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dan Kementerian Sosial Republik Indonesia  menggelar kegiatan  yang sama serentak di 39 Kecamatan.

Tema HLUN 2022, "Lansia Sehat, Indonesia Kuat" serta Kementerian Sosial RI memberikan penghargaan atas semangat, serta peran penting para lanjut usia Indonesia menpertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan Bangsa.

Khusus kegiatan HLUN  di Kecamatan Rajapolah dilaksanakan di halaman Kantor Desa Tanjungpura.

Menurut Kepala Sentra Wirajaya Makassar, Syaiful Samad,  yang ditugaskan pihak Kementerian Sosial, nilai yang  disalurkan Kemensos di Kecamatan Rajapolah sebesar Rp664,34 juta lebih.

Dia merinci,  bantuan tersebut terdiri dari bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) sebanyak Rp284,34 juta lebih kepada 251 Penerima Manfaat .

"Ada dua Paket Perlengkapan Kamar dan Dapur bagi dua KPM Penerima Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), 34 Paket Sembako, 218 Paket Nutrisi, Obat-obatan dan Sandang, 26 Kursi Roda, 19 Alat Bantu Pendengaran, enam Kacamata, 14 Tongkat dan satu unit Walker Roda,” ujarnya.

Selain itu, bantuan Keserasian Sosial sebanyak Rp150 juta (1 Desa), Bantuan Kearifan Lokal sebanyak Rp50 juta (1 Kelompok) dan Bantuan Renovasi RTLH sebanyak Rp180 juta kepada sembilan KPM.

Terkait bantuan  ini, Plt. Camat Rajapolah, Ida Farida mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah menyalurkan bantuan yang sangat besar dan perhatiannya kepada para lansia yang ada di wilayahnya.

"Atas nama masyarakat dan pemerintah Kecamatan Rajapolah, kami mengucapkan terimakasih atas bantuan Kementerian Sosial kepada warga kami.  Bantuan ini akan menambah semangat patriotisme dan kecintaan kami kepada NKRI," ucapnya.

Kepala Desa Tanjungpura, Ujang Hartono mengungkapkan kesiapan Desanya untuk mensukseskan kegiatan hari lansia dengan Senam Lansia, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Perekaman e-KTP, Peresmian Taman Lansia dan Posyandu Lansia. (Sol/AI).

Read 181 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha K. Makassar (Phinisinews.com) - Rumah bersejarah Istana Jongayya di...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) - Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI...
  Penulis : Ahmad I  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP)...

Get connected with Us