Unpam Lakukan Pelatihan Pembuatan Portofolio Guru SD

Universitas Pamulang melalui Program PKM melakukan pelatihan pembuatan portofolio memanfaatkan Google Sites untuk guru-guru di SDN 1 Keroncong, Tangerang, Provinsi Banten. (Foto : Bambang Santoso). Universitas Pamulang melalui Program PKM melakukan pelatihan pembuatan portofolio memanfaatkan Google Sites untuk guru-guru di SDN 1 Keroncong, Tangerang, Provinsi Banten. (Foto : Bambang Santoso).
 

Penulis : Bambang Santoso  /  Editor : Ahmad Imron

Tangerang, Banten (Phinisinews.com) – Universitas Pamulang (Unpam) melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan pelatihan pembuatan portofolio memanfaatkan Google Sites untuk guru-guru di SDN 1 Keroncong, Tangerang, Provinsi Banten.

PKM, di SDN 1 Keroncong, Tangerang,  pekan lalu, melibatkan tiga dosen dan tiga mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika, yakni dosen Bambang Santoso sebagai ketua tim, Sofa Sofiana sebagai narasumber, dan Alvino Octaviano sebagai fasilitator dan tiga mahasiswa adalag Putri Intan Mogot, Chindy Lestari dan Azriel Fachrul Rezy.

Berdasarkan kebutuhan adanya portofolio bagi guru SD, tim PKM Unpam berusaha mencari tools yang mudah dipakai sebagai alat bantu pembuatan portofolio. Portofolio ini harus mampu menyimpan segala dokumen yang menunjang keperluan laporan guru SD, dan sekaligus sebagai alat bantu dalam kenaikan pangkat nantinya, ujar Ketua Tim Pelatihan, Bambang Santoso.

Tim PKM melihat bahwa tools Google Sites dapat membantu dalam pembuatan portofolio guru SD. Para guru dapat menyimpan segala modul ajar untuk tiap mata pelajaran yang diampu di dalam aplikasi Google Sites. Juga dapat menuliskan curriculum vitae, artikel jurnal yang sudah ditulis, buku yang dihasilkan, seminar yang diikuti beserta sertifikatnya, dan lain-lain.

Di samping itu, Google Sites juga sangat bagus untuk kolaborasi. Yaitu kerjasama baik dengan tim guru maupun dengan orang tua murid. Dan yang paling penting, Google Sites ini mudah digunakan dan diimplementasikan tanpa harus tahu banyak ilmu komputer.

Selain itu, juga sangat murah, karena Google Sites ini gratis tanpa perlu membayar apa pun. Kecuali jika ingin memakai fitur yang sangat advance. Tapi tanpa fitur advance, aplikasi ini sudah sangat memadai digunakan.

“Dengan Google Sites, para guru dapat membuat sejarah diri sendiri mengenai prestasi dan karya yang sudah pernah dibuat. Sekaligus dapat membagikan karyanya (misal buku atau modul ajar) kepada siswa dan teman sejawat,” ucap Narasumber Pelatihan, Sofa Sofiana.

Hadir sebanyak 31 peserta dalam pelatihan Pemanfaatan Google Sites tersebut dan peserta mendapatkan pelatihan cara registrasi, membuat halaman awal Google Sites, pengisian konten, penambahan halaman, mengunggah bermacam jenis berkas ke Google Sites, seperti gambar, dokumen, teks, bahkan suara dan video.

Para peserta saat pelatihan wajib membawa laptop masing-masing dan langsung praktik membuat halaman-halaman dalam Google Sites.

Terlihat, peserta pelatihan sangat antusias dalam membuat konten karena memang ini diperlukan dalam laporan tiap semester serta ketika harus mengurus kenaikan jabatan.

Tiga mahasiswa Unpam tampak sibuk membantu jika ada peserta yang kesulitan dalam melakukan yang diminta oleh narasumber. Saat sudah berhasil, para peserta terlihat puas akan hasil karyanya sendiri.

Diakhir sesi pelatihan diadakan kuis dengan hadiah bagi yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan yang diajukan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami,” komentar salah seorang peserta dan dilanjutkan peserta lain, “menyenangkan dan asyik,”. “Semoga dapat dilanjutkan dengan pelatihan lain,” ujar peserta lainnya lagi bersemangat.

Secara keseluruhan, peserta menilai bahwa pelatihan berhasil memenuhi kebutuhan para guru yaitu membuat portofolio dengan mudah dan tanpa belajar yang rumit. (BS/AI).

Read 12 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha MK Bekasi, Jawa Barat (Phinisinews.com) – Master Asesor BNSP,...
  Penulis : Mitha MK / Editor : Fyan AK     Pulau Kodingareng, Makassar (Phinisinews.com) - Rektor Universitas...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Sebanyak 120 kantong darah...
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...

Get connected with Us