Penulis : M. Arifandy

Makassar - Phinisinews, Setelah sukses dengan film Sumiati, Kini Syahril Arsyad Dini kembali hadir dengan film "Silariang". Film layar garapan musisi lokal ini kembali menceritakan mengenai budaya adat Bugis Makassar. Senin, 7/11/16.

Syahril Arsyad Dini, atau sapaannya Rere menceritakan, film Silariang ini adalah film mengenai Tanah Adat Bugis Makassar. " Film ini mengenai harga diri, yang sesuai terjadi dengan kondisi yang ada dan berkembang saat ini".

Lanjutnya, dalam hukum adat bugis Makassar jika ada silariang atau kawin lari hanya akan banyak timbul masalah setelah itu terjadi maka ujungnya tidak akan di akui sebagai anak atau di bunuh secara adat.

Film ini juga menceritakan dua sisi yang berbeda yaitu dari desa ke kota.

Rere mengakui dalam mempelajari adat Bugis Makassar ia perlu selama tiga bulan di Gowa. "Saya pelajari adat ini selama tiga bulan di Kabupaten Gowa," ucapnya.

Ia juga menjelaskan selama pengambilan gambar yang paling susah ialah di saat set pernikahan. " yang paling susah itu saat set pernikahan, dimana kita mensetnya seperti pernikahan asli," ungkapnya.

Selain itu lagu yang ada dalam film silariang ini ada dua Wanita Indah dan Sajian Renung yang diciptakan oleh Art2Tonic serta di nyanyikan langsung Ika KDI.

Film Silariang ini di buat pada 24 September hingga 3 November 2016. Lokasi syutingnya Makassar, Barombong, Pangkep dan Maros.

Ia berpesan, kalau kita kawin lari, kita hanya bakalan bikin malu (Siri') keluarga ta' apa lagi keluarga perempuan.

Dalam pemutaran trailernya di Hotel Pesona Jl, Mappanyukki Makassar artis dalam film ini seratus persen lokal semua yaitu Dinda, Jeihan, Ikram Noer, Nurfadillah, Cahya, Mamak dan Zulkifli.

Film ini akan tayang Februari 2017.***Mitha K.

Read 708 times
Rate this item
(1 Vote)
Published in Hiburan Dan Pariwisata
Login to post comments

Galleries

 
    Penulis : Fred K Editor : Redaksi   Makassar (Phinisinews.com) - Notaris PPAT, Nini Savitry menyatakan...
  Penulis : Ahmad Imron Editor : Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) – Direktur Eksekutif Phinisi Pers Multimedia...
  Penulis: Fred K Editor: Mitha MK Makassar (Phinisinews.com) - Majelis Raja Agung Sultan (MARS) Indonesia Wilayah...
Penulis : Fred K Editor : Mitha MK   Makassar (Phinisinews.com) - Pelatihan Pajak online yang dilakukan Kantor...

Get connected with Us