Pejabat Walikota Makassar, Prof Rudi Jamaluddin meninjau korban dampak banjir di beberapa titik di Kota Makassar. (Foto : Rifan) Pejabat Walikota Makassar, Prof Rudi Jamaluddin meninjau korban dampak banjir di beberapa titik di Kota Makassar. (Foto : Rifan)
 

Penulis : Rifan  /  Editor : Fred KuenI

Makassar (Phinisinews.com) - Pejabat Walikota Makassar, Prof Rudi Jamaluddin  meninjau korban dampak banjir di Blok 8, Kecamatan Mangala, Kelurahan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kita harus mensyukuri karena kali ini banjir lebih sedikit dibanding banjir yang terjadi pada Desember 2020. Dan masyarakat pasti menginginkan kehadiran pemerintah untuk membantu mengatasi banjir rutin ini,” ujar  Rudi di lokasi banjir Makassar, Kamis.

Saat peninjau dampak banjir itu, pejabat walikota maupun masarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan di air mengalir yang ada di tempat tersebut.  

Pemkot pasti berupaya mencari solusi dalam mengatasi dan mengantisipasi serta mencari solusi untuk mengantisipasi banjir lebih besar ke depannya.

Rudi saat itu juga menginstruksikan kepada  Dinas PU, Camat Manggala dan dinas terkait untuk melahirkan solusi yang konprehensif  untuk menangani banjir, terutama pada daerah yang rentan banjir.

Selain itu, keselamatan warga jadi prioritas. Antisipasinya adalah menyediakan titik-titik pengunsian yang mampu menampung warga yang berpotensi terdampak banjir akibat hujan deras di masa mendatang.

Di samping itu, kesehatan perlu diedukasi kepada warga bahwa protokol kesehatan dimana pun dan pada kondisi apa pun penting untuk menjaga kita semua.

Untuk jangka panjang, lanjutnya,  kita harapkan ada solusi tehnis yang sifatnya bisa meredam  bencana banjir ini.

"Berdasarkan survei awal, ada kantong-kantong air agak rendah,  sehingga belum dapat mengalir ke luar ke arah nipa-nipa dan itu sudah tumpah ke sini, sehingga kini diupayakan agar tumpahan itu tidak mengarah ke pemukiman warga.

Semua itu perlu dikaji kembali oleh Dinas PU serta melibatkan tim ahli agar menghadirkan solusi konprehensif agar warga terhindar dari banjir rutin, ucapnya. (Rif/FK).

Read 1122 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us