Masyarakat antusias mengikuti percepatan vaksinasi di Kelurahan Bontolebang, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. (Foto : Dok Kelurahan Bontolebang). Masyarakat antusias mengikuti percepatan vaksinasi di Kelurahan Bontolebang, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. (Foto : Dok Kelurahan Bontolebang).
 

Penulis : Fred K   /  Editor : Ahmad I

Takalar, Sulsel (Phinisinews.com) – Percepatan vaksinasi saat ini sudah menjadi gerakan massal di Provinsi Sulawesi Selatan yang menjangkau hingga kelurahan di Kabupaten, termasuk di Kelurahan Bontolebang, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar.

Targetnya 70 persen dari masyarakat wajib vaksin tercapai pada akhir Desember 2021 agar herd immunity (kekebalan kelompok) tercapai.

Selain target vaksinasi dikejar, Protokol Kesehatan juga dilaksanakan secara ketat dengan kesadaran penuh oleh seluruh masyarakat yakni terus menggunakan masker di semua aktivitas, menjaga jarak serta selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir pada awal dan akhir kegiatan, demikian pemantauan di Kelurahan Bontolebang, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, sekitar 47 kilometer dari Makassar (ibukota Provinsi Sulsel), Rabu.

Masyarakat sadar bahwa selain vaksinasi untuk mendapatkan kekebalan (imun), protokol kesehatan bila diterapkan dengan disiplin tinggi, dapat mencegah atau memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Lurah setempat, Irham, S.Sos mengatakan untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Takalar pencapaian vaksinasi 70 persen, Kelurahan Bontolebang bekerjasama dengan Nakes (tenaga kesehatan) dari Puskesmas Kecamatan Galesong Utara serta personil Polsek Galesong Utara melaksanakan kegiatan vaksinasi terhadap warga di Kantor Lurah Bontolebang.

Menurut dia, awalnya saat melakukan edukasi vaksinasi, mendapat penolakan dari warga, karena adanya beredar berita hoax terkait akibat negatif vaksin.

“Tetapi kami tetap semangat mengedukasi warga agar ikut vaksinasi sesuai dengan program Bupati Takalar, Syamsari Kitta, guna membentuk herd immunity agar warga terhindar dari penyebaran covid-19, ” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya membentuk Posko Tim Satgas Covid-19 di Kelurahan Bontolebang tepatnya jalan poros Galesong Utara, di posko ini tim Satgas Covid membagikan masker sambil mengedukasi warga agar ikut vaksinasi.

Selain itu, Tim Satgas ini bersama para Kepala Lingkungan dengan menggunakan mobil bak terbuka dan alat pengeras suara mengimbau warga agar ikut vaksinasi, keliling dari lorong ke lorong, dan hasilnya warga antusias ikut vaksinasi.

Bagi warga yang sudah divaksin tetap diingatkan aga jangan lengah kita harus tetap mematuhi Protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, ucapnya. (FK/Q/AI).

Read 261 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad Imron Makassar (Phinisinews.com) – Ketua Umum Dewan Ekonomi Indonesia...
  Penulis : Sol D Ling  /  Editor : Fred K Bandung (Phinisinews.com) – Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I Makassar (Phinisinews.com) - Pameran Temporer "Jejak Pangeran...
  Penulis : Fred K  /  Editor : Ahmad I Makassar (Phinisinews.com) - Dua kegiatan Trah (keturunan bangsawan)...

Get connected with Us